5 Fakta Menarik tentang Taman Nasional Lorentz: Destinasi Wisata yang Menyimpan Kekayaan Alam Luar Biasa di Papua

0
220

Jayapura, Malanesia News,- Taman Nasional Lorentz merupakan destinasi wisata yang sangat istimewa di Papua karena menyimpan kekayaan alam yang luar biasa. Taman Nasional ini diberi nama Hendrikus Albertus Lorentz, seorang penjelajah Belanda yang melewati daerah tersebut pada tahun 1909 saat melakukan ekspedisi ke-10 di Taman Nasional tersebut. Taman Nasional Lorentz juga diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1999.

Berikut adalah 7 fakta menarik tentang Taman Nasional Lorentz di Papua:

  1. Meliputi 10 Kabupaten Taman Nasional Lorentz mencakup 10 kabupaten di Papua, yaitu Kabupaten Mimika, Kabupaten Paniai, Kabupaten Intan Jaya, Kabupaten Puncak, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Jaya Wijaya, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Ndua, dan Kabupaten Asmat. Kawasan ini membentang di sepanjang gletser khatulistiwa di jajaran pegunungan tinggi Asia Tenggara.
  2. Taman Nasional Terbesar di Asia Tenggara Taman Nasional Lorentz memiliki luas 2,5 hektar, menjadikannya taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Taman ini membentang dari Papua bagian tengah hingga selatan.
  3. Terletak di Antara 2 Lempeng Benua Taman Nasional Lorentz terletak di antara dua lempeng benua yang bersinggungan, yaitu Lempeng Australia dan Lempeng Pasifik. Hal ini menyebabkan kawasan Taman Nasional Lorentz mengalami proses pembentukan gunung yang berlangsung secara terus-menerus, serta pahatan besar yang disebabkan oleh proses glasiasi dan penambahan garis pantai yang membentuk kawasan dataran rendah. Proses tersebut juga menyebabkan tingkat endemisme yang tinggi di dalam kawasan yang sebagian besar masih ditutupi hutan tropis ini.
  4. Punya Banyak Ekosistem dan Tipe Vegetasi Karena luasnya, Taman Nasional Lorentz memiliki banyak sekali ekosistem dan tipe vegetasi. Ada 34 tipe vegetasi yang terdapat di Taman Nasional Lorentz, di antaranya adalah hutan sagu, hutan gambut, hutan rawa, hutan tepi sungai, hutan hujan lahan datar/lereng, hutan hujan pada bukit, hutan kerangas, hutan pegunungan, padang rumput, pantai pasir karang, dan lumut kerak. Taman Nasional Lorentz juga merupakan perwakilan dari ekosistem terlengkap untuk keanekaragaman hayati di Asia Pasifik.
  5. Punya Satu-satunya Gletser Tropis di Indonesia Taman Nasional Lorentz merupakan salah satu dari tiga kawasan di dunia yang mempunyai gletser di daerah tropis. Gletser tropis di Taman Nasional Lorentz juga merupakan satu-satunya di Indonesia.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024