Begini Pernyataan Jokowi Terkait Masalah Penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U20

0
152

Jakarta, Malanesianews, – Pasca pembatalan Drawing Piala Dunia FIFA U20 di Denpasar, Bali. Yang pada awalnya Drawing atau pembagian grup negara peserta Piala Dunia FIFA U20 tersebut akan dilaksanakan pada 31 Maret 2023.

Hingga saat ini, PSSI belum mendapatkan alasan resmi yang menyebabkan FIFA membatalkan acara Drawing tersebut.

Sebelumnya, Gubernur Bali Wayan Koster menolak kehadiran Tim Nasional Israel dalam perhelatan Piala Dunia FIFA U20. Bagi PSSI, ini dapat menjadi alasan bagi FIFA untuk membatalkan Drawing Piala Dunia FIFA U20. Karena, bagi FIFA, penolakan Gubernur tersebut sama dengan membatalkan garansi penyelenggaraan yang telah dikeluarkan pemerintah Provinsi Bali.

Menanggapi hal tersebut, dalam pernyataan persnya tanggal 27 Maret 2023 Presiden Republik Indonesia Joko Widodo  di Istana Merdeka, dalam pembukaanya menyatakan Indonesia tetap dalam konsistem dalam menyelesaikan masalah two-state solution negara Israel dan negara Palestina merdeka.

“Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara yang saya hormati, Pertama, ini prinsip. Prinsip negara kita Indonesia yang selalu konsisten dan teguh dalam memperjuangkan dan mendukung kemerdekaan bangsa Palestina dan mendukung penyelesaian two-state solution negara Israel dan negara Palestina merdeka. Ini sesuai dengan konstitusi, menolak penjajahan dalam bentuk apapun dan ini selalu kita sampaikan dalam forum-forum bilateral, forum multilateral, maupun forum internasional lainnya.”, Ujar Presiden Jokowi.

Namun ia mengingatkan bahwa dalam kontestasi olahraga tidak dapat serta merta dicampuradukan dengan urusan politik, dan FIFA telah memikili aturan yang harus di taati masing masing anggotanya.

“Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina, karena dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat. Dan, dalam urusan Piala Dunia U-20 ini, kita sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya. Jadi, jangan mencampuradukkan urusan olahraga dan urusan politik”, Kata Jokowi

“Saat ini, FIFA juga telah mengetahui adanya penolakan-penolakan terhadap keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20. Tapi kita, baik pemerintah maupun PSSI, masih terus berusaha agar ada solusi terbaik, Untuk itu, saya telah mengutus Ketua Umum PSSI, Bapak Erick Thohir, untuk bertemu dengan tim FIFA, untuk mencari penyelesaian yang terbaik, mencari solusi yang terbaik”, Lanjut Jokowi

(K.U)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024