Sebanyak 100 Kepala Sekolah di Kota Jayapura Meningkatkan Kompetensi melalui K3S

0
127

Jayapura, Malanesianews,– Dalam rangka peningkatan kompetensi Kepala Sekolah Dasar, sebanyak 100 Kepala Sekolah tingkat Kota Jayapura mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan. Pelatihan ini merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Kota Jayapura untuk mendukung peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) para kepala sekolah di wilayah tersebut.

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Robby Kepas Awi, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program tahunan yang rutin dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan. Tujuan utamanya adalah meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka.

Robby Awi menyoroti peran penting kepala sekolah sebagai pemimpin dan manajer di lingkungan sekolah. Kepala sekolah memiliki tanggung jawab krusial dalam memimpin dan mengelola sekolah secara efektif. Dalam pelatihan ini, kepala sekolah diberikan pemahaman mendalam mengenai tugas dan fungsi mereka sebagai pemimpin dan manajer, sehingga mampu meningkatkan kinerja mereka secara keseluruhan.

“Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas kepala sekolah dalam menjalankan peran dan fungsi mereka. Kami berharap agar kepala sekolah mampu menjadi pemimpin yang efektif, baik dalam organisasi formal maupun informal, serta menjadi panutan bagi staf dan siswa,” ungkap Robby Awi.

Robby juga menekankan bahwa kepemimpinan dalam bidang pendidikan menuntut kemampuan untuk memaksimalkan potensi seluruh anggota organisasi. Kepala sekolah diharapkan mampu menggerakkan dan mengarahkan bawahannya menuju tujuan bersama. Dalam pelatihan ini, ditekankan pula pentingnya faktor-faktor yang dapat meningkatkan semangat kerja dan motivasi dalam mencapai prestasi.

“Dalam peran kepemimpinannya, kepala sekolah memiliki tanggung jawab untuk mengatur situasi, mengendalikan kegiatan kelompok, organisasi lembaga, dan menjadi juru bicara bagi kelompok tersebut,” tambahnya.

Pelatihan ini diharapkan mampu memberikan wawasan baru dan meningkatkan keterampilan kepala sekolah dalam mengelola sekolah dengan efektivitas dan efisiensi yang lebih baik. Dengan kepemimpinan yang kuat dan berkualitas, diharapkan mutu pendidikan di Kota Jayapura dapat terus meningkat dan menciptakan lingkungan belajar yang positif dan produktif bagi para siswa.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here