Ganjar Pranowo Memimpin Survei dengan Elektabilitas Tertinggi sebagai Calon Presiden

0
153

Jakarta, Malanesianews,– Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dengan judul “Evaluasi Kinerja Presiden dan Pilihan Capres 2024 di Pemilih Kritis”, terungkap bahwa Ganjar Pranowo, bakal calon presiden dari PDIP, berhasil mendapatkan elektabilitas tertinggi. Survei tersebut dilakukan melalui metode wawancara telepon pada tanggal 23-24 Mei 2023.

Hasil survei menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo mendapatkan elektabilitas sebesar 35,9 persen, mengungguli pesaingnya, Prabowo Subianto, yang memperoleh 32,8 persen, dan Anies Baswedan dengan 20,1 persen. Sebanyak 11,3 persen responden belum memberikan jawaban terkait pilihan mereka.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, menjelaskan bahwa elektabilitas Ganjar Pranowo mengalami peningkatan signifikan dari 31,1 persen menjadi 35,9 persen dalam kelompok pemilih kritis. Prabowo Subianto juga mengalami peningkatan elektabilitas dari 29,7 persen menjadi 32,8 persen. Namun, elektabilitas Anies Baswedan mengalami penurunan dari 29,7 persen pada survei Desember 2022 menjadi 20,1 persen pada survei terakhir.

Deni menekankan bahwa Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto bersaing ketat untuk memperebutkan posisi teratas dalam survei ini, sedangkan Anies Baswedan berada di urutan ketiga dengan selisih suara yang cukup signifikan. Hal ini mengindikasikan popularitas Ganjar Pranowo di kalangan pemilih kritis.

Pemilih kritis merupakan kelompok pemilih yang memiliki akses lebih baik terhadap informasi sosial-politik. Mereka umumnya memiliki telepon atau ponsel yang memungkinkan mereka mengakses berita dan informasi terkini. Pemilih kritis ini juga didominasi oleh mereka yang berasal dari kelas menengah bawah hingga atas, memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi, dan tinggal di perkotaan. Selain itu, pemilih kritis memiliki kemampuan yang lebih besar dalam memengaruhi opini kelompok pemilih di lingkungannya.

Metode pemilihan sampel dalam survei ini menggunakan metode random digit dialing (RDD), di mana nomor telepon dipilih secara acak. Survei ini melibatkan 915 responden yang dipilih sebagai sampel.

Dengan elektabilitas tertinggi yang diperoleh oleh Ganjar Pranowo dalam survei ini, semakin menegaskan popularitasnya sebagai salah satu calon presiden potensial dalam Pemilihan Presiden tahun 2024. Namun, perlu dicatat bahwa hasil survei ini hanya merupakan gambaran pada saat ini dan situasi politik dapat berubah hingga saat pemilihan nanti.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024