JCH Provinsi Papua Kloter 8 Berangkat Menuju Tanah Suci dengan Pesan Kesehatan dan Persaudaraan

0
199

Makassar, Malanesianews,– Pada malam hari yang bersemangat, Jemaah Calon Haji (JCH) asal Provinsi Papua yang tergabung dalam Kloter 8 berangkat menuju Tanah Suci. Pelepasan JCH tersebut dilakukan di Embarkasi Makassar, Asrama Haji Sudiang, sebelum mereka terbang pukul 23.45 WITA menuju Madinah melalui Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin di Maros, Makassar.

Dalam sambutannya, Pdt. Klemens Taran, S.Ag., selaku Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Papua, memberikan pesan penting kepada para JCH Provinsi Papua. Ia menekankan pentingnya menjaga kesehatan dan membangun persaudaraan selama menjalani ibadah haji. Taran mengingatkan bahwa persaudaraan di tengah perbedaan adalah rahmat Tuhan yang tercurah kepada umat-Nya, dan mengajak para jemaah untuk menjaga nama baik Tanah Papua.

Sebagai perwakilan pemerintah Provinsi Papua, Kakanwil secara resmi melepas seluruh jemaah Kloter 8 dengan doa dan harapan agar mereka kembali ke Tanah Air dalam keadaan sehat dan tanpa kekurangan apa pun. Dia juga menekankan pentingnya sikap persaudaraan dan kekompakan dalam melaksanakan ibadah.

H. Wahyuddin Hakim, Kabid Penerimaan dan Pemberangkatan PPIH Embarkasi Makassar, juga turut hadir dan memberikan pesan kepada para JCH Provinsi Papua. Ia mengingatkan para jemaah untuk menjaga kesehatan dan memperkuat hubungan persaudaraan selama perjalanan dan ibadah haji.

Pelepasan JCH Provinsi Papua ditandai dengan momen penyerahan bendera merah putih dari Kakanwil Kemenag Provinsi Papua kepada Ketua Kloter 8, Ust. Burhanuddin, S.H.I, S.Pd.I. Sebelum berangkat menuju Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Maros, dilakukan pemeriksaan barang bawaan JCH menggunakan peranti sinar X sesuai dengan aturan penerbangan internasional.

Acara pelepasan ini dihadiri oleh beberapa perwakilan pemerintah dan Kemenag, antara lain Kakankemenag Kabupaten Jayapura, Pdt. Steven A. Wonmaly, S.Sos., MAP., Kakankemenag Kabupaten Jayawijaya, Tinus Giban, S.Th., M.M., Kakankemenag Kabupaten Merauke, Gabriel Rettobyaan, S.Ag., Kasubag TU Kota Jayapura, Dolfinus Kocu, S.Sos., serta Ketua PPIH Provinsi Papua, H. Rasmani Sumarta., SE., M.M.

JCH Provinsi Papua yang tergabung dalam Kloter 8 berjumlah 388 orang, dengan mayoritas berasal dari Kota Jayapura (284 orang). Para jemaah tersebut memiliki rentang usia yang beragam, dari yang tertua berusia 90 tahun hingga yang termuda berusia 20 tahun. Diharapkan para jemaah dapat menjalani ibadah haji dengan lancar dan kembali ke Tanah Air dengan keadaan sehat dan penuh berkah.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here