Telaga Biru Jayawijaya Tak Diizinkan jadi DTW karena di Anggap Sakral

0
309

Jayawijaya, Malanesia News, – Telaga Biru di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan saat ini tidak diizinkan menjadi Destinasi Tujuan Wisata karena tempat tersebut di anggap Sakral oleh Masyarakat setempat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayawijaya, mengatakan bahwa Telaga Biru yang berada di Distrik Maima tersebut jika di jadikan DTW pastinya akan memiliki efek Peningkatan Ekonomi bagi Warga setempat.

“Yang tidak boleh kunjungan itu antara lain itu Telaga Biru. Itu objek Wisata bagus Cuma masih Kawasan Religi, tempat keramat”, Kata Kadis Kebudayaan & Pariwisata, Minggu (03/01/23), Seperti dilansir Kompas.Com

Pemda Kab. Jayawijaya sudah melakukan Komunikasi dengan Para Pemilik Hak Ulayat di Telaga Biru tersebut, akan tetapi Masyarakat setempat Belum Mengizinkan untuk Penggunaan Kepentingan Publik.

Namun, ada juga beberapa tempat yang di Nilai Masyarakat setempat tidak Buka untuk Umum seperti daerah di Wesaput.

Kawasan Wesaput, Para Arkeolog Jayapura sudah pernah berkunjung dan melakukakan riset lalu dibuatkan menjadi Buku, menurut Beliau bahwa Kawasan tersebut sangat bermanfaat untuk pembelajaran bagi Generasi Baru.

“Tetapi beberapa Kawasan itu sudah mulai ada kesadaran untuk itu menjadi konsumsi public, bisa dikunjungi wisatawan domestic maupun asing, antara lain di Wesaput sebelah”, ucapnya

(mn)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here