Menko Airlangga Hartarto Sebut Indonesia Harus Waspadai Tantangan 5C Yang Kini Tengah Landa Dunia

0
171

Jakarta, Malanesianews, – Indonesia perlu mewaspadai badai sempurna (perfect storm) akibat tantangan 5C yang tengah melanda dunia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Kondisi 5C tersebut adalah covid-19 yang belum selesai, conflict Rusia-Ukraina, climate change atau perubahan iklim, commodity prices atau harga komoditas yang melonjak, dan cost of living atau biaya hidup yang semakin berat akibat inflasi.

“Kita harus berhati-hati saat ini kita menghadapi perfect storm atau tantangan 5C,” ujar Airlangga di pembukaan Capital Market Summit & Expo, Kamis (13/10).

Airlangga mengatakan tantangan 5C tersebut membebani prospek ekonomi global ke depannya. Hal ini setidaknya bisa dilihat dari Dana Moneter Internasional (IMF) yang memangkas perkiraan ekonomi global menjadi hanya tumbuh 3,2 persen tahun ini atau turun nyaris separuh dari capaian tahun lalu sebesar 6,1 persen.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan juga menyebutkan Indonesia perlu mewaspadai kondisi perfect storm yang mengancam dunia.

“Kita akan menghadapi perfect storm. Jadi, tolong kita semua hati-hati. Ketidakpastian ekonomi dunia menurut saya sangat tinggi,” ujarnya di Investor Daily Summit, Rabu (12/10).

Luhut mengatakan kondisi ekonomi Indonesia saat ini lebih baik dibandingkan negara lainnya. Namun, Indonesia disebut harus tetap waspada karena berbagai kondisi bisa terjadi beberapa bulan ke depan.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024