Kepala Bappenas Sebut Indonesia Butuh 6% Pertumbuhan Ekonomi Pertahun Untuk Jadi Negara Maju

0
65

Jakarta, Malanesianews, РMenteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa mengungkapkan Ekonomi Indonesia harus tumbuh 6% setiap tahun untuk menjadi negara maju pada 2030 dan terlepas jebakan kelas menengah alias middle income trap.

“Kami menyampaikan dalam skenario yang disusun Bappenas pertumbuhan Indonesia harus mencapai 6% agar kita mampu graduasi dari jebakan negara berpenghasilan menengah. Karena kita sudah 30 tahun di middle income trap,” jelasnya, usai rapat kabinet terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/3/2023).

Suharso memaparkan, dalam 20 tahun terakhir, ekonomi Indonesia rata-rata tumbuh 4,01%. Tahun lalu, ekonomi nasional mampu tumbuh di atas 5% dan diharapkan terus berlanjut ke depannya.

“Mengapa kita begitu lama dan belum bergerak secara efektif untuk mendorong pertumbuhan antara lain karena total faktor productivity RI cenderung menurun,” terangnya.

“Kalau kita liat level productivity per setiap pekerja di Indonesia dalam satuan US dollar itu rendah dibandingkan negara-negara industri yang lainnya,” tambah Suharso.

Di samping itu juga menjadi catatan adalah ketimpangan per kapita antar daerah, di mana 20 provinsi masih berada dalam kategori lower middle income seperti Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Kemudian di luar itu ada yang sudah di tengah dan sebagian besar justru di luar pulau Jawa seperti mulai dari Riau, Kalimantan Utara, Jambi, Kalimantan Tengah, Sumatera Selatan, ada satu Jawa Timur,” ujarnya. Berbeda dengan Jakarta yang sudah mencapai level high income country.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024