TNI AL Resmikan Pangkalan Laut Di Kaimana Papua Barat

0
291

Jayapura, Malanesianews – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda Agus Hariadi meresmikan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) di Kaimana, Papua Barat, pada Senin (27/3/2023).

“Tujuannya untuk memaksimalkan kinerja, mengembangkan kembali potensi maritim wilayah pesisir pantai, mendorong pemberdayaan nelayan melalui pengamanan laut dan pengawasan keamanan, serta membangun pertahanan laut yang dimulai dari masyarakat maritim untuk mewujudkan salah satu program Presiden Republik Joko Widodo yang tertuang dalam Nawacita yaitu poros maritim dunia,” kata Agus dalam siaran pers Dinas Penerangan TNI AL, Rabu (29/3/2023). Lanal Kaimana merupakan pangkalan yang berada di bawah kendali Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XIV Sorong.

Lanal Kaimana adalah pengembangan kekuatan dari satuan sebelumnya yang merupakan Pos Angkatan Laut (Posal). Agus mengatakan, peningkatan posal menjadi lanal ini tertuang dalam Keputusan Kepala Staf TNI AL/4083/XII/2022.

Pembentukan lanal diperlukan karena Kaimana memiliki posisi yang cukup strategis, yakni di bagian selatan Provinsi Papua dan berhadapan langsung dengan Laut Arafuru yang sangat menguntungkan dari sektor perikanan dan kelautan. “Sehigga perlu pengawasan lebih ketat dari TNI AL serta memperkuat pertahanan laut di wilayah Indonesia Timur,” kata Agus.

Selain peresmian lanal, Agus juga melantik Mayor Marinir Sailenius Amelion Wihyawari sebagai Komandan Lanal Kaimana yang pertama.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024