KPU Yahukimo Tambah Satu Dapil di Pemilu 2024, Wakil Bupati Esau Miram Sambut Positif

0
287

Jayapura, Malanesianews, – Pada Rabu (29/3/2023), Kabupaten Yahukimo Provinsi Papua Pegunungan kedatangan tamu istimewa dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang membawa kabar gembira terkait pemilihan umum 2024. KPU Yahukimo mengadakan sosialisasi tentang Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 Tahun 2023 yang menyangkut Daerah Pemilihan (DAPIL) dan Alokasi Kursi Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota pada Pemilu 2024.

Acara tersebut berlangsung di sebuah hotel mewah di Kotaraja yang dihadiri oleh perwakilan partai politik, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), pemerintah daerah Yahukimo, dan tidak ketinggalan Wakil Bupati Yahukimo, Esau Miram. Andreas Silak selaku Ketua KPU Yahukimo dan tiga komisioner lainnya memberikan penjelasan tentang penambahan satu DAPIL di wilayah Kabupaten Yahukimo pada pemilu 2024.

Andreas menjelaskan bahwa jumlah DAPIL di Yahukimo akan bertambah menjadi 7, sedangkan pada pemilu sebelumnya hanya ada 6 DAPIL. Penambahan DAPIL di Yahukimo adalah usulan dari KPU Yahukimo yang kemudian ditetapkan oleh KPU RI sesuai dengan PKPU 6 Tahun 2023. Meskipun penambahan DAPIL tidak berpengaruh pada jumlah kursi DPRD di Kabupaten Yahukimo, tetapi akan berdampak pada alokasi kursi di setiap DAPIL.

KPU Yahukimo menegaskan bahwa proses penambahan DAPIL dilakukan secara proporsional dan non-diskriminatif dengan mengikuti mekanisme dan menggunakan aplikasi Sidapil. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pemilu yang diadakan berjalan inklusif dan adil bagi seluruh pemilih.

Rincian DAPIL di Kabupaten Yahukimo pada pemilu 2024 adalah sebagai berikut: DAPIL Yahukimo 1 terdiri dari 4 distrik dengan 4 kursi, DAPIL Yahukimo 2 terdiri dari 7 distrik dengan 7 kursi, DAPIL Yahukimo 3 terdiri dari 6 distrik dengan 5 kursi, DAPIL Yahukimo 4 terdiri dari 10 distrik dengan 6 kursi, DAPIL Yahukimo 5 terdiri dari 9 distrik dengan 6 kursi, dan DAPIL Yahukimo 7 terdiri dari 7 distrik dengan 5 kursi.

Esau Miram, Wakil Bupati Yahukimo, menyambut positif penambahan satu DAPIL di Kabupaten Yahukimo pada pemilu 2024. Menurutnya, hal ini merupakan perbaikan khususnya bagi kepala Suku Monuma yang merupakan pemilik hak ulayat di Ibu Kota Yahukimo, Dekai. Esau menambahkan bahwa penambahan DAPIL ini akan memastikan figur-figur dari Suku Monuma dapat memiliki peran yang lebih signifikan dalam pemilihan umum.
(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here