3 Provinsi Baru : Papua Selatan , Papua Tengah dan Papua Pegununggan

0
282

Jakarta-MALANESIANEWS,-Jumat 11, November 2022  Atas nama Presiden RI Joko Widodo , Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian  meresmikan  tiga daerah otonom baru (DOB) di Papua serta melantik 3 Pejabat Gubernur untuk memimpin wilayah tersebut di kantor Menteri Dalam Negeri.

Provinsi baru di Papua sudah di sepakati oleh DPR dan Pemerintahan seiring disahkannya tiga Undang-undang (UU) tentang Provinsi Papua Selatan , Papua Tengah dan Papua Pegununggan.

Pembagian daerah 3 Provinsi baru di Papua yakni

Provinsi Papua Selatan meliputi , Kabupaten Merauke, Kabupaten Boven Digoel,Kabupaten Mappi dan Asmat dan Ibu Kota Provinsi Papua Selatan yakin Kabupaten Merauke.

Provinsi Papua Tengan meliputi, Kabupaten Nabire, Puncak Jaya, Panian, Mimika, Puncak Dogiyai, Intan Jaya, dan Deiyai . Dan Ibu kota Provinsi Papua Tengah ialah Kabupaten Nabire .

Provinsi Papua Pegununggan meliputi Kabupaten Jayawijaya, Pegununggan Bintang, Yahukimo, Tolikara, Mambramo Tengah, yalimo, Lanny jaya , dan Kabupaten Nduga. Dan Ibu Kota  Provinsi Papua Pgununggan ialah Kabupaten Jayawijaya

 

Dengan diresmikanya 3 Provinsi Baru di Papua, Indonesia Resmi memiliki 37 total Provinsi dan bertambah 3 Daerah Otonom Baru

Setelah Menteri Dalam Negeri meresmikan 3 Provinsi Baru di Papua lalu di lantik pula 3 Pejabat (PJ) Gubernur di 3 Provinsi tersebut guna Mengisi kekosongan pemerintahan sebelum ditentukan Gubernur Definitif pada Pemilu 2024.

Ketiganya yakni , Apolo Safano sebagai pejabat Gubernur Papua Selatan, Nikolaus Kondomo sebagai pejabat Gubernur Papua Tengah, dan Ribka Haluk sebagai pejabat Gubernur Papua Pegununggan. Adhyct19

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024