Upaya Cegah Hoaks, Pemkab Biak Numfor Ajak Siswa SMP-SMA Agar Cerdas Gunakan Media Sosial

0
373

Biak Numfor, Malanesianews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor, Papua mengajak siswa SMP-SMA agar cerdas dalam menggunakan media sosial untuk mencegah penyebaran informasi tidak benar atau hoak.

“Perkembangan media sosial yang sangat masif menuntut para siswa harus lebih selektif dan berhati-hati memanfaatkan penyebaran berbagai informasi medsos,” pesan Plt Sekda Biak, ZL Mailoa.

Mailoa menyebutkan, siswa sekarang tidak lepas dari smartphone dan laptop yang terhubung langsung dengan jaringan internet.

Hal tersebut disampaikan pada acara Penguatan Kapasitas, yang diselenggarakan Darma Wanita Persatuan Biak Numfor dalam rangka Memperingati Hari Anak Nasional 2023 dengan melibatkan sebanyak 120 siswa perwakilan SMP dan SMA di Biak.

Lebih lanjut, kata dia, masuknya informasi tidak bisa lagi dibendung dan hampir menghiasi kehidupan keseharian anak-anak siswa di sekolah maupun di rumah.

“Hal ini sangat membutuhkan sikap bijak dan cerdas dari anak untuk dapat menyaring informasi yang diterima lewat medsos, sehingga dapat mencegah hal yang berdampak hukum,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan, bahwa dalam bermedsos perlu disaring informasi yang didapatkan, baik yang dilakukan secara nasional misal adanya regulasi seperti bloking konten yang tidak layak.

“Atau minimal filter terhadap diri sendiri dan itu harus diajarkan kepada siswa didik,” kata dia.

Ia menjelaskna, akibat dari postingan yang dibagikan dapat menyeret pengguna IT ke persoalan hukum, seperti ujaran kebencian dan persoalan hukum lainnya.

“Nah, ini membutuhkan kecerdasan dan ketelitian anak-anak Biak sebagai generasi emas yang religisu, berkarakter, dan berbudaya,” bebernya.

(AIS)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024