KPU Papua Mencatat Sebanyak 1.351 Penyandang Disabilitas Masuk DPT Pamilu 2024

0
344

Jayapura, Malanesianews – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua mencatat terdapat sebanyak 1.351 orang penyandang disabilitas yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Pemilu 2024 mendatang.

Ketua KPU Papua, Steve Dumbon mengatakan, 1.351 penyandang disabilitas itu tersebar di sembilan Kabupaten/Kota dan yang paling banyak adalah penyandang disabilitas fisik.

KPU Papua akan berupaya semaksimal mungkin agar penyandang disabilitas turut berperan dalam Pemilu 2024, khususnya pada saat pencoblosan.

“Kami berupaya agar saat pencoblosan di Pemilu 2024, para penyandang disabilitas dapat menyalurkan aspirasi dengan mendatangi dan memilih di TPS-TPS,” kata Steve.

Adapun wilayah kerja KPU Papua meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Supiori, Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Waropen dan Kepulauan Yapen.

KPU Papua juga sudah melakukan pemetaan terkait wilayah rawan saat Pemilu 2024, baik itu mengenai sengketa maupun keamanan.

“Walaupun demikian, pihaknya berharap selama pelaksanaan Pemilu 2024 tidak terjadi gangguan berarti,” tuturnya.

Ia menambahkan, KPU Papua saat ini masih diberikan tanggungjawab untuk mendampingi KPU di tiga daerah otonomi baru (DOB), yaitu Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Selatan.

“Memang benar KPU Papua mendapat tugas tambahan yakni sebagai pendamping KPU di tiga daerah DOB yakni KPU Papua Tengan, KPU Papua Pegunungan dan KPU Papua Selatan,” ungkap Steve.

(AIS)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024