Tugu Yamagata Jadi Icon Tempat Wisata Baru di Kota Ombak Sarmi

0
602

Sarmi, Malanesianews, – Tugu Yamagata Mararena Kabupaten Sarmi menjadi sasaran tempat wisata yang dikunjungi oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Jayapura pada, Sabtu (1/6/2023).

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Sarmi, Bernike Yerisitouw, S.Si. menyampaikan, bahwa dirinya merasa bangga dan memberikan apresiasi kepada PGRI Kab. Jayapura, karena sudah memilih berkunjung ke Kabupaten Sarmi, yaitu Tugu Yamagata Jepang.

“Saya sangat bangga dan mengapresiasi kepada bapak ibu guru PGRI Kabupaten Jayapura yang telah memilih berkunjung ke salah satu icon wisata baru di Kabupaten Sarmi, yaitu Tugu Yamagata Jepang,” kata Bernike.

Dia menjelaskan, masyarakat umum mengira jika tempat tersebut adalah kuburan, padahal itu adalah tugu peninggalan Jepang.

“Banyak masyarakat umum mengira bahwa ini adalah kuburan Jepang. Bahkan awalnya saya sendiri mengira begitu, ternyata ini adalah tugu peninggalan Jepang pada masa perang dunia kedua,” terang Bernike.

Lebih lanjut, kata Bernike Yerisetouw, kunjungan PGRI Kabupaten Jayapura merupakan pengunjung terbanyak setelah Pemkab Sarmi menjadikan Tugu Yamagata sebagai icon wisata Kabupaten Sarmi.

“Saya sangat berterimakasih atas kunjungan PGRI Kabupaten Jayapura sudah mengunjungi tempat kami. Ini adalah pengunjung terbanyak setelah kami menjadikan areal Tugu Yamagata sebagai icon tempat wisata di Kabupaten Sarmi,” bebernya.

Dia menambahkan, Tugu Yamagata merupakan aset Pemerintah Kabupaten Sarmi yang dikelola khusus oleh Dinas Pariwisata.

“Pengembangan dan penataan wilayah langsung ditangani oleh Dinas Pariwisata, sebagai salah satu monument bersejarah atau tugu peringatan persahabatan antara Pemerintah Provinsi Papua dengan Pemerintah Yamagata Jepang. Ini sebagai tanda bahwa disini tidak ada lagi perang,” imbuhnya.

“Harapan kami selaku Dinas Pariwisata yang bertanggungjawab langsung, bahwa dengan dibukakannya Tugu Yamagata ini bisa menjadi salah satu pusat icon wisata yang akan menarik banyak perhatian masyarakat, karena ini merupakan tugu bersejarah,” pungkasnya.

(AIS)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024