Syah, Menteri Tito Resmi Lantik 3 Penjabat Gubernur Provinsi Baru Papua

0
203

Jakarta, Malanesianews, – Sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 115/P Tahun 2022 tentang pengangkatan penjabat gubernur.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian resmi melantik tiga Penjabat Gubernur untuk tiga provinsi baru Papua. Pelantikan digelar pada Jumat (11/11/2022) di Lapangan Plaza Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta.

Ketiga Penjabat yang dilantik yakni Apolo Safanpo sebagai Penjabat Gubernur Papua Selatan, Nikolaus Kondomo sebagai Penjabat Gubernur Papua Pegunungan serta Ribka Haluk sebagai Penjabat Gubernur Papua Tengah.

Tito pun membacakan sumpah janji jabatan untuk tiga orang Penjabat Gubernur tersebut. Ketiganya mengikuti pembacaan sumpah janji jabatan secara kompak.

“Saya berjanji akan memenuhi kewajiban saya sebagai penjabat gubernur papua selatan, sebagai penjabat gubernur papua tengah, sebagai penjabat gubernur papua pegunungan dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya,” kata ketiga penjabat gubernur mengikuti ucapan Mendagri

“Memegang teguh UUD RI thn 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya dan berintegritas serta berbakti kepada masyarakat bangsa dan negara. Semoga Tuhan menolong saya,” lanjutnya.

Usai pembacaan sumpah janji jabatan, dilakukan penandatanganan berita acara pengucapan sumpah janji jabatan dan pakta integritas. Lalu, dilanjutkan pemasangan tanda pangkat penyematan tanda jabatan dan penyerahan Keppres

Dalam keterangan, pembawa acara membacakan bahwa kedua penjabat Gubernur sebagaimana dimaksud dalam ke-1 keputusan presiden ini diangkat untuk masa jabatan paling lama 1 tahun.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024