Semangat Tinggi Anak-Anak Putus Sekolah di Jayawijaya Belajar dari Rumah Satgas Rasaka Cartenz

0
178

Wamena, Malanesianews, – Satgas Binmas Ops Rasaka Cartenz, yang bertugas di Papua, telah membuka Rumah Belajar di Jalan Bhayangkara, Distrik Wamena Kota, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan. Rumah Belajar tersebut dihadiri oleh sejumlah anak yang memiliki latar belakang putus sekolah. Meskipun tempat belajar yang tersedia terbatas, semangat anak-anak dalam belajar membaca, menulis dan berhitung tidak surut.

Pada Sabtu, 6 Mei 2023, sebanyak enam anak belajar bersama personel Binmas Ops Rasaka Cartenz, Bripda Silvester Pardomuan D. Pone, di Rumah Belajar Satgas Binmas Ops Rasaka Cartenz. Bripda Silvester memberikan pengajaran mengenai pengenalan huruf abjad dan menulis kepada anak-anak yang berpakaian seragam Rasaka Cartenz 2023.

Menurut Bripda Silvester, hingga saat ini, perkembangan anak-anak dalam menerima pembelajaran cukup baik. Kegiatan tersebut merupakan implementasi program Si-Ipar atau polisi mengajar milik Binmas Ops Rasaka Cartenz yang menitikberatkan pada peningkatan kualitas pendidikan di Papua.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2022 menunjukkan bahwa Kabupaten Jayawijaya merupakan kabupaten dengan rata-rata Umur Harapan Hidup (UHH) 59,64 serta Harapan Lama Sekolah (HLS) 12,27. IPM di Jayawijaya masih dalam kategori rendah di bawah angka 60. Program Si-Ipar turut memacu peningkatan IPM di Jayawijaya dengan memberikan pengajaran kepada anak-anak.

Meskipun Rumah Belajar Satgas Binmas Ops Rasaka Cartenz masih terbatas, diharapkan program ini dapat membantu mendorong peningkatan IPM di Jayawijaya. Kegiatan belajar di rumah belajar tersebut diharapkan akan terus dievaluasi dan ditingkatkan agar dampak yang dirasakan oleh anak-anak bisa lebih terasa dan menyeluruh.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024