Meningkatkan Rasa Nasionalisme, BMP RI Papua Ajak Pemuda Kota Jayapura Berdiskusi Tentang Kebangsaan

0
299

Jayapura, Malanesianews, – Barisan Merah Putih (BMP) RI Papua bersama dengan komponen organisasi kepemudaan melaksanakan diskusi kebangsaan merawat Papua dalam bingkai NKRI. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam mendukung Pemilu Damai 2024 dan bertempat di salah satu hotel di Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua beberapa waktu lalu. Ketua Panitia Diskusi BMP RI Papua, Yansen Kareth mengatakan kegiatan tersebut merupakan yang pertama untuk merefleksikan tentang momen 1 Mei, yang menjadi momentum sakral dalam sejarah Papua kembali ke pangkuan NKRI. Hal ini menjadi semangat bagi pemuda Papua untuk berdiri dan turut serta dalam membantu pemerintah.

Yansen Kareth menyatakan bahwa kegiatan tersebut diadakan untuk mendorong kemajuan pembangunan di Papua agar lebih tersentuh kepada masyarakat. Sekjen BMP RI Papua, Ali Kabay juga mendukung penuh Pemilu Damai yang akan dilaksanakan di seluruh Tanah Papua tahun 2024 mendatang. Ali Kabay mengajak para generasi muda di Papua untuk mendukung setiap program pemerintah dan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif.

Tokoh Adat Masyarakat Tabi Herman Yoku juga menyatakan bahwa generasi muda Papua harus kreatif dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk mensejahterakan masyarakat Papua. Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Barisan Merah Putih (BMP) yang sudah menginisiasi kegiatan diskusi kebangsaan ini. Ia berharap output dari kegiatan tersebut bisa dilihat dan memberikan manfaat bagi masyarakat Papua.

Dalam kesempatan itu, Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey yang turut hadir mengatakan, sejarah Papua hari ini memulai peradaban untuk Papua di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Frans Pekey mengingatkan bahwa pada tanggal 1 Mei 1963, Papua secara sah kembali ke pangkuan ibu pertiwi. Oleh karena itu, kita harus terus menjaga dan merawat Papua di dalam NKRI.

Kegiatan diskusi kebangsaan merawat Papua dalam bingkai NKRI diharapkan dapat memupuk rasa cinta tanah air bagi generasi muda Papua dan mendorong partisipasi mereka dalam pembangunan Papua yang lebih baik di bawah naungan NKRI. Diskusi ini juga menjadi ajang kolaborasi antara BMP dan beberapa forum pimpinan organisasi kemasyarakatan pemuda yang bertujuan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

(agenrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024