Rifai Darus Pimpin Penyatuan Enam KNPI, Begini Saran DPP Pemuda Demokrat

0
203
Bung MRD Bersama Pimpinan OKP Dan Anggota MPI Foto Bersama Usai Menggelar Rapat, Jakarta Senin (27/12/21)

Jakarta, Malanesianews, – Dinamika menjamurnya kepengurusan KNPI Ganda, Majelis Pemuda Indonesia (MPI) KNPI menggelar rapat untuk mempersiapkan Kongres Pemuda XVI/KNPI, Jakarta Senin (27/12/2021).

Rapat yang di motori Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Bung Muhamad Rifai Darus (MRD) bertujuan mewujudkan persatuan pemuda Indonesia, supaya tidak ada lagi perpecahan dalam kubu KNPI setelah Kongres Nantinya.

Rapat ini selain di hadiri Anggota MPI juga hadir Ketua Umum Organisasi Kepemudaan (OKP)yang juga adalah ex-Officio sebagai Anggota MPI.

Mayoritas Ketua Umum OKP memberikan tanggapan sebagi masukan dalam semangat menyatukan KNPI yang kurang lebih berjumlah enam Kepengurusna di tingkat Pusat hingga turunannya di Daerah.

Ketua Umum DPP Pemuda Demokrat Indonesia Bahar Farawowan, Pertama Dari Kiri (Jakarta 27/12/21)

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Pemuda Demokrat Indonesia (DPP Pemuda Demokrat) Bahar Farawowan dalam tanggapannya menyatakan dua hal utama yang melatar belakangi multi kepengursan DPP KNPI di tingkat pusat.

“ Pertama adalah aspek Yuridis bahwa KNPI tidak memilik payung hukum sebagai wadah berhimpun sebab knpi berada di antara dua Undang-undang yaitu UU Kepemudaan yang membatasi usia Pemuda maximal 30 Tahun dan kemudiaan UU Ormas yang berlaku lebih umum dengan demikian ada kekosongann hukum jika KNPI bertikai maka tidak ada rujukan Hukum atau non legal standing sebagai Induk dari AD/ART KNPI maka siapa dapat berbuat apa saja “ Ujar Ketua DPP KNPI 2015-2018 ini.

Ia pun mengutip pasal 28j UU Dasar 1945 bahwa Dalam menjalankan hak dan kebebasannya, setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang dengan maksud semata-mata untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak dan kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan moral, nilai-nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat demokratis.

“ Nah dengan demikian tidak ada UU Khusus yang mengatur kekhususan bahwa KNPI sebagai wadah Berhimpun di Indonesia jika ada UU ini maka Presiden sekalipun wajib tunduk terhadap UU ini tidak seperti sekarang ini di biarkan KNPI bertingkai tanpa campur tangan Pemerintah “

 

Mantan Sekretaris KNPI Kabupaten Jayapura 2003-2006 ini pun menyarankan karan tidak adanya rujuan Hukum sebagaimana ia contohkan bahwa dinamika Partai dapat di selesaikan karna AD/ART Partai dapat di uji dengan UU Partai Politik.

“ Kedua karna kekosongan hukum inilah maka menuju penyatuan KNPI dalam kongres mendatang dapat di lakukan dengan pendekatan sosiologi dan filosif peran kesejarahan KNPI bahwa harus benar-benar ersatu mulai dari MPI Bersatu,OKP Bersatu,Para senior KNPI bersatu hingga Pemerintah bersatu jika salah satu saja komponen ini tidak Bersatu maka bisa saja usai Kongres lahir lagi Kepengurusan KNPI Ganda dengan demikian kita hanya bermain-main belaka “ Tutup Mantan Wakil Ketua KNPI Papua 2006-2009 ini.

Rapat ini pun melahirkan keputusan MPI KNPI dan OKP yang dipimpin oleh Muhammad Rifaid Darus sebagai Ketua MPI KNPI, yaitu:

1. Bahwa MPI KNPI dan OKP Tingkat Nasional berkomitmen melaksanakan dan menghadiri Satu Kongres – Satu KNPI;

2. Bahwa pelaksanaan Kongres Pemuda KNPI XVI diselenggarakan oleh para pihak DPP KNPI bersama MPI KNPI;

3. Bahwa apabila para pihak DPP KNPI tidak bersepakat untuk melaksanakan Satu Kongres, maka stakeholder KNPI yakni OKP yang berhimpun dalam wadah KNPI berkomitmen melaksanakan Kongres Pemuda/KNPI XVI yang diselenggarakan oleh MPI KNPI dan OKP sebagai penanggungjawab;

4. Bahwa Kongres Pemuda/KNPI XVI yang dilaksanakan oleh MPI KNPI dan OKP menjadi satu-satunya Kongres KNPI yang dihadiri oleh OKP yang berhimpun di KNPI;

5. Bahwa Ketua MPI KNPI bersama-sama Anggota MPI dan Ketua Umum OKP yang telah membuat surat pernyataan kepada Presiden RI Cq. Menpora RI membentuk tim untuk mempersiapkan pelaksanaan Kongres Pemuda/KNPI XVI sebagai berikut:
Ketua Tim : Muhammad Rifai DarusAnggota-Anggota: Gunung Hutapea, Budi Harianto, Rudi Darmawanto, Syahril Harahap, Sahid Ali Al Idrus, Noman Silitonga, Sirajuddin Abdul Wahab, dan Achmad Suhawi

6. Bahwa Kongres Pemuda/KNPI XVI diselenggarakan pada tanggal 27 Januari 2022 atau selambat-lambatnya Bulan Februari 2022 .