Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Tim Baharudin Farawowan Lakukan Pengobatan Massal Untuk Anak-anak Hingga Lansia

0
252

Jayapura, Malanesianews, – Pada puncak acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2023, Tim Baharudin Farawowan selaku Panitia Festival Pemuda Papua (FPP) Rumah Suara Torang bekerja sama dengan Puskesmas Waena menggelar pengobatan massal untuk usia anak-anak hingga lansia.

Kegiatan tersebut dilakukan di Rumah Suara Torang (RST) Provinsi Papua, Jl. Buper Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura pada, Sabtu (28/10/2023).

Ketua Panitia FPP, Moh. Supriadi mengatakan, kegiatan ini adalah inisiatif dari Bapak Baharudin Farawowan selaku Caleg DPR RI Dapil Papua.

“Ini bentuk perhatian beliau terhadap masyarakat yang ada di wilayah dapilnya,” kata Supriadi kepada Malanesia.News.

Menurutnya, kegiatan ini juga merupakan penutup dari semua rangkaian Festival Pemuda Papua yang dilakukan oleh Rumah Suara Torang (RST).

“Festival Pemuda Papua dimulai sejak tanggal 1 Oktober hinggal puncaknya tanggal 28 Oktober yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Puskesmas Waena dan Kepala Kampung Waena serta para Ondoafi yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Masyarakat sehat, Papua kuat,” ujarnya.

Di tempat yang berbeda, Baharudin Farawowan selaku CEO/Funder Rumah Suara Torang mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak Puskesmas Waena yang ikut ambil bagian dalam kegiatan FPP.

“Dari lubuh hati terdalam, saya ucapkan banyak terimakasih kepada Pimpinan Puskesmas Waena dan seluruh tenaga medis yang sudah merelakan waktunya bersama-sama dengan Rumah Suara Torang untuk memperhatikan kesehatan masyarakat Papua,” kata Baharudin melalui via Whatsapp.

Ia menambahkan, kesehatan masyarakat harus dinomor satukan. “Karena itu kunci untuk membangun Papua baru yang kuat, adil dan sejahtera,” bebernya.

Sementara itu, Dokter Puskesmas Waena, Silfiana Tanau mengatakan, terimakasih kepada Rumah Suara Torang yang sudah mengundang kami untuk melakukan Skrining Penyakit Tidak Menular (PTM). Target Skrining ini dilakukan untuk anak-anak sampai lansia.

“Peserta hari ini terdiri dari anak umur 10 tahun kebawah, umur 20-30, dan lansia,” kata Silfiana.

Ia menerangkan, dari semua pasien yang diperiksa, untuk lansia rata-rata mengalami darah tinggi. “Kami juga sudah langsung mengarahkan ke Puskesmas untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut,” tuturnya.

Silfiana mengungkapkan, bahwa apa yang dilakukan oleh Rumah Suara Torang merupakan langkah yang tepat dan sesuai dengan kegiatan rutin dari Puskesmas Waena untuk melakukan Skrining.

“Kegiatan ini sangat membantu kami juga untuk melakukan Skrining di wilayah kerja, yaitu Kampung Yabansai, Waena dan Waena Kampung. Sehingga kami tadi menemukan beberapa yang sakitnya mulai parah dan sudah kami arahkan langsung ke Puskesmas Waena,” terangnya.

Ia berharap, kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan oleh anak muda, terutama untuk Rumah Suara Torang yang telah memulai kegiatan yang positif ini.

“Bukan hanya di hari Sumpah Pemuda, tapi juga di hari besar lainnya,” Tutupnya.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here