Profil Pj Gubernur Provinsi Papua Pegunungan, Mantan “Anak Daerah” Terbaik Korps Adhyaksa

0
468

Jakarta, Malanesianews, – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik Nikolaus Kondomo sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Papua Pegunungan pada Jumat (11/11/2022) lalu. Nikolaus menjadi salah satu sosok yang dipercaya Kementerian Dalam Negeri selain Apolo Safanpo yang menjadi PJ Gubernur Papua Selatan dan Ribka Haluk sebagai Pj Papua Tengah.

Sebelumnya, ia telah lama mengabdi sebagai jaksa.  Nicolaus merupakan pria kelahiran Merauke pada 13 Maret 1964. Ia menempuh pendidikan di bidang hukum. Studi tingkat strata satunya ditempuh di jurusan Hukum Pidana Universitas 17 Agustus 1945 Semarang. Ia kemudian melanjutkan studi magister (S2) di Universitas Cenderawasih.

Jejak karir Nikolaus sudah cemerlang sejak 2007. Saat itu, ia dipercaya sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Fak-Fak. Lima tahun kemudian, ia menjadi Asisten Tindak Pidana Khusus Kejati Papua.  Pada 2014, Nicolaus ditarik ke Jawa dan menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Sleman. Selang setahun, ia diangkat menjadi Asisten Pengawasan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Karir Nikolaus terus berkembang. Pada 2017, ia ditunjuk menjadi Koordinator di Kejaksaan Agung Datun Jam Perdata dan Tata Usaha Negara. Setelah itu, dia menjadi Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah pada 2018. Pada 2019, Nikolaus ditarik kembali ke Papua dan dipercaya sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Papua.

Nikolaus menyatakan dirinya merupakan orang asli Papua yang pertama kali menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi Papua. Menurutnya, hal itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Papua. Saat itu tiga lembaga hukum dan keamanan, yakni Kepolisian Daerah, Kodam Cenderawasih, dan Kejaksaaan Tinggi di Papua dipimpin putra setempat.

Jabatan terakhir Nikolaus sebelum ditunjuk Mendagri Tito Karnavian adalah Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Kerja Sama Internasional Kejagung.  Nikolaus merupakan salah satu ‘anak daerah’ terbaik di korps Adhyaksa. Sebagai orang asli Papua, Nikolaus bisa memahami apa yang dibutuhkan oleh Papua Pegunungan.

Nikolaus akan menjabat sebagai Pj gubernur di tiga provinsi baru itu selama satu tahun kedepan. Hal itu merujuk pada Keputusan Presiden RI Nomor 115/P Tahun 2022 yang diteken Joko Widodo dan menjadi dasar hukum pelantikan tiga Pj gubernur daerah baru.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here