Profil Kabupaten Jayapura

0
951

Jayapura, Malanesianews,– Kabupatena Jayapura merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Papua, Indonesia. Ibu kota kabupatennya terletak di Distrik Sentani, 33 km dari Kota Jayapura.

Jumlah penduduk Kabupaten Jayapura berjumlah 125.975 jiwa di tahun 2017, jumlah penduduk laki-laki sebanyak 66.307 jiwa dan perempuan 59.668 jiwa. Pada tahun 2020 ada peningkatan jumlah penduduk di Kabupaten ini, yaitu sebanyak 170.167 jiwa.

Kabupaten Jayapura dimekarkan bersamaan dengan 8 (delapan) Kabupaten lainnya, yaitu Kabupaten Biak Numfor, Monokwari, Sorong, Fak-Fak, Merauke, Jayawijaya, Paniai dan Yapen Waropen, berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1969 tentang Pembentukan Provinsi Otonomi Irian Barat dan Kabupaten-Kabupaten Otonom di Provinsi Irian Barat.

Pada tahun 1993 dikeluarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1993, dimana Kabupaten Jayapura dimekarkan menjadi 2 (dua) Kabupaten Jayapura dan Kotamadya Jayapura, sehingga ibu Kota Kabupaten Jayapura dipindahkan ke Sentani berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2000 tentang Pemindahan Ibukota Kabupaten Jayapura dari wWlayah Kotamadya Jayapura ke Wilayah Sentani.

Tepat pada tanggal 10 Maret 2010 merupakan tonggak awal sejarah kota Sentani sebagai ibu Kota Kabupaten Jayapura, sehingga pada tanggal 10 Maret dijadikan Hari Jadi Kota Sentani sebagai ibu Kota Kabupaten Jayapura.

Terdapa 19 distrik yang ada di Kabupaten Jayapura dengan luas wilayah 17.514 km. 19 Distrik tersebut di antaranya adalah; Distrik Sentani, Distrik Sentani Timur, Distrik Depapre, Distrik Sentani Barat, Distrik Kemtuk, Distrik Kemtuk Gresi, Distrik Nimboran, Distrik Nimbokrang, Distrik Unurum Guay, Distrik Demta, Distrik Kaureh, Distrik Ebungfao, Distrik Waibu, Distrik Nambluong, Distrik Yapsi, Distrik Airu, Distrik Raveni Rara, Distrik Gresi Selatan, dan Distrik Yokari.

Secara geografi, batas wilayah Kabupaten Jayapura antara lain; sebelah utara berbatasan dengan Samudera Pasifik, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Keerom dan Kota Jayapura, sebelah Selatan berbatasan dengan Provinsi Papua Pegunungan, dan sebelah Barat bertasan dengan Kabupaten Sarmi.

Topogrfi Kabupaten Jayapura secara fisik, selain daratan juga terdiri dari rawa (146.575 ha) yang tersebar di beberapa wilayah. Terdapat 21 sungai yang melintas di Kabupaten Jayapura, sebagian besar bermuara ke pantai utara (samudera pasifik) yang pada umumnya sangat fluktuasi bergantung pada curah hujan.

Kabupaten Jayapura memiliki iklim tropis dengan temperature rata-rata 25-35 C, di daerah pantai temperaturnya 26 C, sedangkan di daerah pedalam temperaturnya bervariasi sesuai dengan ketinggian dari permukaan laut.

(AIS)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here