Guru Kelas Rendah di Kota Jayapura Dapat Peningkatan Literasi melalui Bimtek yang Diselenggarakan Dinas Pendidikan

0
141

Jayapura, Malanesianews,– Dinas Pendidikan Kota Jayapura telah mengadakan program Bimbingan Teknis (Bimtek) Literasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru kelas rendah di Sekolah Dasar (SD) di wilayah tersebut. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 100 guru yang mayoritas mengajar di kelas 1, 2, dan 3.

Dalam upaya untuk terus meningkatkan kemampuan guru dan menghadapi perkembangan dunia pendidikan yang dinamis, Dinas Pendidikan Kota Jayapura mengakui pentingnya literasi sebagai keterampilan fundamental bagi siswa. Oleh karena itu, Bimtek Literasi ini diadakan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang literasi kepada para guru kelas rendah.

Kepala Sub Bagian Kepegawaian Dinas Pendidikan Kota Jayapura, Batseba Itar, menjelaskan bahwa kegiatan ini membantu guru dalam memperoleh ide-ide baru dan metode pengajaran yang inovatif dalam membaca. Dalam Bimtek Literasi ini, para guru mendapatkan materi dari narasumber yang ahli di bidang literasi, termasuk konsep literasi, teknik membaca, peningkatan kesadaran fonologis, serta pemahaman dan penulisan yang efektif.

Menurut Batseba Itar, kesulitan dalam mengajak anak-anak terlibat dalam literasi adalah tantangan yang dihadapi oleh para guru. Oleh karena itu, kegiatan ini dirancang untuk membantu guru mengatasi kesulitan tersebut dengan memberikan strategi dan pendekatan yang tepat dalam mengajar siswa kelas rendah.

Selama Bimtek Literasi ini, para guru kelas rendah SD diberikan pengetahuan yang komprehensif mengenai pentingnya literasi dalam pembelajaran. Mereka juga diberikan panduan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang efektif serta pemahaman yang mendalam tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.

Selain itu, peran aktif siswa juga ditekankan dalam kegiatan ini. Guru-guru diajarkan bagaimana menjalin komunikasi yang baik dengan siswa agar mereka merasa termotivasi dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Dalam literasi, partisipasi siswa menjadi kunci dalam menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan bermakna.

Bimtek Literasi bagi guru kelas rendah juga merupakan upaya dari Dinas Pendidikan Kota Jayapura untuk terus mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) guru. Melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan para guru, diharapkan kualitas pembelajaran di kelas rendah dapat ditingkatkan secara signifikan.

Acara Bimtek Literasi ini diikuti oleh 100 orang guru dari berbagai sekolah swasta dan negeri di Kota Jayapura. Para peserta sangat antusias untuk mengembangkan kemampuan literasi mereka dan menerapkan pendekatan yang inovatif dalam mengajar siswa kelas rendah.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024