Plh Gubernur Papua Ajak Warga Setempat Berperan Serta Dalam Pemulihan Lingkungan

0
224

Jayapura, Malanesianews, – Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun mengajak masyarakat setempat agar agar mengambil peran serta dalam pemulihan lingkungan guna mencegah terjadinya bencana longsong dan pencegahan pencemaran lingkungan hidup dengan memberikan perlindungan.

“Kami telah melakukan penanaman bambu sepanjang 78 Km dari pasir 6 hingga Kampung Maribu, Distrik Sentani Barat. Dimana dengan melakukan penanaman tersebut maka akan memperbaiki kondisi ekosistem yang telah tercemar,” kata Ridwan usai menanam, Jum’at (4/8/2023).

Menurutnya, penanaman dilakukan secara bertahap dengan melibatkan kelompok-kelompok tanam baik dari pihak masyarakat adat, Gereja, Masjid, Perguruan Tinggi, TNI, Polri, Kelompok Pecinta Alam dan lainnya.

Ridwan menjelaskan, pencanangan diawali dengan melakukan penanaman sebanyak empat ribu pohon sepanjang 3 Km dan selanjutnya untuk 74.000 pohon bambu dilakukan penanaman oleh kelompok-kelompok tanam lainya.

“Penyelamatan Cagar Alam Cycloop ini merupakan konsep penyelamatan lingkungan yang kompleks, artinya bukan hanya menanam tetapi juga menjaga dan merawat sehingga konsep rehabilitasi batas alam sebagai pendukung tata kelola hutan berkelanjutan,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, beberapa hal yang perlu menjadi komitmen semua pihak adalah bahwa penyelamatan Cagar Alam Cycloop harus menjadi tanggungjawab bersama.

Turut hadir dalam penanaman bambu sepanjang 78 Km yaitu, Mantan Gubernur Papua, Barnabas Suebu, Plh Sekda Papua, Kepala DKLH Papua, Tokoh Adat, Agama dan Pemuda, TNI/Polri, Perguruan Tinggi dan masyarakat, yang bertempat di Kota Jayapura, Papua, Jum’at (4/8/2023).

(AIS)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here