Pemprov Papua dan Papua Tengah Sepakat Bagi Hasil Keuntungan Bersih PT Freeport Indonesia

0
198

Jayapura, Malanesianews, – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dan Papua Tengah menggelar rapat di Bank Papua, Kota Jayapura pada, Kamis (3/8/2023).

Rapat dipimpin oleh Penjabat Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk, dan Plh Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun.

Rapat digelar dalam rangka membahas Pendapatan Asli Daerah (PAD), khususnya pembagian hasil keuntungan bersih dari PT Freeport Indonesia (PTFI).

“Kami sepakat untuk membagi 1,5 persen bagian Provinsi dan 2 persen bagian Kabupaten/Kota lainnya dari keuntungan bersih PT Freeport Indonesia tahun 2022 secara proporsional,” ungkap Ribka.

Ribka Haluk yang akrab disapa Mama Gubernur ini menambahkan, terdapat hal lain yang disepakati antara kedua pihak, yakni perihal permintaan Pemprov Papua untuk bertugas di Pemprov Papua Tengah, hal ini sudah disetujui, sehingga tinggal ditindaklanjuti.

“Lalu, pajak pokok bagian Pemprov Papua Tengah untuk triwulan I tahun 2023 akan ditransfer setelah penetapan APBD Perubahan Pemprov Papua Tahun Anggaran 2023 berdasarkan surat Direktur dan Kapasitas dan Pelaksanaan Transfer Kementerian Keuangan Nomor S-77/PK.4/2023 tertanggal 15 April 2023,” ujarnya.

Menurut Mama Gubernur, selanjutnya perlu disiapkan kerjasama antar daerah untuk pengelolaan pendapatan daerah, pendidikan, tata ruang, perizinan, dan sektor terkait lainnya.

“Kedepan kita juga akan membahas tentang pajak air permukaan PT Freeport Indonesia,” pungkasnya.

(AIS)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024