Pj Gubernur Kondomo : Kami Akan Maksimalkan Dana APBN Demi Kesejahteraan Dan Kebangkitan ekonomi Di Provinsi Papua Pegunungan

0
228

Wamena, Malanesianews, – Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA)  dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun 2023 kepada Pemprov dan 8 Pemda serta Satuan Kerja Pemerintah Pusat di wilayah Papua Pegunungan telah diserahkan.

Penyerahan DIPA dan TKD 2023 dilakukan oleh Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Papua, Burhani AS di Kantor Gubernur Papua Pegunungan, Wamena, Jumat 16 Desember 2022.

Adapun total alokasi TKD untuk wilayah Papua Pegunungan yang mencapai Rp13,24 Triliun.

Menanggapi Hal tersebut Pj Gubernur Provinsi Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo mengatakan dana tersebut akan di gunakan semaksimal mungkin demi stabilisasi kebutuhan pangan tetap terjaga dan juga pembangunan infrastruktur pendukung transformasi ekonomi .

“APBN merupakan instrumen stabilisasi untuk mengendalikan inflasi dan harga pokok kebutuhan pangan. Oleh karena itu program ketahanan pangan harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh agar produksi dan harga pokok kebutuhan pangan tetap terjaga,” ujar Gubernur Kondomo.

“Selain ketahanan pangan pembangunan infrastruktur juga menjadi prioritas, termasuk pembangunan infrastruktur pendukung transformasi ekonomi di bidang energi, pangan, konektivitas dan transportasi”, Lanjutnya

ia juga berharap mengupayakan kesejahteraan masyarakat dan kebangkitan ekonomi yang terwujud di Provinsi Papua Pegunungan.

“Kami Akan Terus mengupayakan kesejahteraan masyarakat dan kebangkitan ekonomi Indonesia akan terwujud di Provinsi Papua Pegunungan,” Ungkap Gubernur Kondomo

Perlu diketahui Alokasi TKD sebesar Rp 13,24 Triliun diperuntukkan bagi Pemerintah Provinsi dan 8 Pemerintah Kabupaten di Papua Pegunungan.

Untuk Provinsi Papua Pegunungan Rp 1,85 Triliun, Kabupaten Jayawijaya Rp 1,55 Triliun, Kabupaten Yahukimo Rp 2,02 Triliun, Kabupaten Pegunungan Bintang Rp 1,50 Triliun, Kabupaten Tolikara Rp 1,61 Triliun, Kabupaten Mamberamo Tengah Rp 0,88 Triliun, Kabupaten Lanny Jaya Rp1,55 Triliun dan Kabupaten Nduga Rp1,21 Triliun.

Total TKD 4 Provinsi di Papua Tembus Rp46,43 Triliun

Sementara alokasi anggaran TKD di untuk 4 Provinsi di Tanah Papua mencapai Rp 46,43 Triliun. Untuk Provinsi Papua mendapatkan alokasi Rp11,86 Triliun, Provinsi Papua Pegunungan Rp13,24 Triliun, Provinsi Papua Selatan Rp 7,85 T dan Provinsi Papua Tengah Rp13,48 Triliun

Untuk jumlah alokasi pagu anggaran DIPA di seluruh 4 Provinsi mencapai Rp 13,91 Triliun dari 625 Satuan Kerja. Sedangkan untuk Provinsi Papua Pegunungan mendapatkan alokasi sebesar Rp1,30 Triliun yang tersebar pada 78 Satuan Kerja.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024