Pj Bupati Nduga Namia Gwijangge S. Pd. M.Si Resmikan Pasar Keyabi Setelah Janjikan Revitalisasi pada Kepemimpinannya yang Belum Genap Setahun

0
270

Kenyam, Malanesia News, – Pada Mei 2022, Pj Bupati Nduga Namia Gwijangge S. Pd. M.Si dilantik dan melihat kondisi Pasar Keyabi yang memperihatinkan. Ia berjanji akan melakukan renovasi atau revitalisasi pasar tersebut. Setelah belum genap setahun kepemimpinannya, Pj Bupati Namia membuktikan janjinya dengan meresmikan Pasar Keyabi yang berada di Distrik Kenyam pada Jumat, 31 Maret 2023.

Peresmian tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Nduga, Perwira Penghubung Kapten Inf Musa Sieb, Kabag Ops Polres Nduga, Kepala OPD lingkungan Pemda Nduga, dan para tokoh yang ada di Kabupaten Nduga. Pj Bupati Nduga Namia Gwijangge S. Pd. M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa sebelumnya Pemda Nduga melihat kondisi Mama-mama yang berjualan di Pasar Keyabi yang kurang layak. Oleh karena itu, ia merencanakan untuk melakukan renovasi bangunan agar layak dijadikan tempat jualan oleh Mama-mama pasar.

Ia juga menambahkan bahwa Mama-mama pasar dalam berjualan harus mengutamakan kebersihan dan tidak lagi ada yang berjualan di samping jalan. Sebab pihaknya sudah menyiapkan tempat. Ia berharap dipasar tersebut nantinya dijual kebutuhan lengkap seperti daging, ikan, maupun sayuran sehingga tidak perlu memesan dari daerah Timika. Ia juga menekankan agar harga penjualan dipasar disamakan dengan harga yang berada di kios-kios.

Selain itu, Pj Bupati Nduga Namia Gwijangge S. Pd. M.Si memberikan bantuan langsung kepada pedagang sebagai modal usaha, menyiapkan bantuan kesehatan di RS di Timika dan Wamena, serta memerintahkan RSUD yang ada di Kenyam harus buka dan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Kabupaten Nduga Yos Beon menyatakan bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena telah memberikan pasar Pasar Keyabi. Ia juga menjelaskan bahwa nama Keyabi berarti “Kasih tinggal sudah”, yang merupakan peringatan atau penghormatan kepada orang tua yang sudah meninggal.

Ia meminta kepada pemerintah daerah agar segera membuat pengurus Pasar sehingga dapat menjaga Mama-mama dalam berjualan di Pasar Keyabi. Ia juga berharap Mama-mama pasar dapat menjaga kebersihan pasar dengan cara tidak meludah siri pinang sembarangan dan membuang sampah dengan benar.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024