BMKG Deteksi Kemunculan Siklon Tropis Herman Di Samudera Hindia, Wilayah Ini Yang Akan Terkena Dampaknya

0
209

Jakarta, Malanesianews, – Kemunculan Siklon tropis Herman di Samudra Hindia sebelah selatan Banten telah terdeteksi akan melalui Indonesia, hal tersebut di sampaikan, Deputi Bidang Meteorologi di Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Guswanto, Kamis (30/3/2023).

Siklon tropis Herman berada di posisi Samudra Hindia, selatan Jawa atau sekitar 1.090 kilometer sebelah selatan barat daya Cilacap.

Siklon tropis Herman bergerak ke tenggara dengan kecepatan 9 km per jam menjauhi wilayah Indonesia. Adapun kekuatannya adalah 40 knots dengan tekanan 993 hPa.

Kemunculan siklon tropis Herman tersebut memengaruhi cuaca di sejumlah wilayah di Indonesia. Sejumlah daerah diperkirakan akan mengalami cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai angin kencang hingga gelombang tinggi di perairan.

“Diperkirakan intensitas siklon tropis Herman menurun dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah timur-tenggara menjauhi Indonesia,” Kata Guswanto

Mengacu pada data analisis, Siklon Tropis Herman akan terjadi sejak 29 Maret – 4 April 2023Wilayah terdampak siklon tropis Herman Siklon Tropis Herman memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia dalam 24 jam ke depan.

Berikut wilayah dan dampak Siklon Tropis Herman:

Hujan intensitas sedang-lebat disertai angin kencang: Bengkulu Sumatera Selatan Lampung Banten Jawa Barat Jawa Tengah Yogyakarta.

Angin kencang hingga 25 knots : Pesisir Barat dan Selatan Lampung, Pesisir Barat dan Selatan Banten, Pesisir Selatan Jawa Barat hingga Jawa Tengah Yogyakarta.

Gelombang tinggi (2,5 – 4 meter) : Perairan Barat Kepulauan Mentawai hingga Bengkulu ,Perairan Barat Lampung, Selat Sunda bagian Barat dan Selatan Perairan Selatan Banten hingga Bali, Perairan Selatan Bali hingga Pulau Lombok.

Gelombang tinggi (4 – 6 meter) : Perairan Samudra Hindia Barat Lampung, Samudra Hindia Selatan Banten hingga Jawa Timur.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024