2 maskapai Berhenti beroperasi, Harga Tiket Dekai – Jayapura tembus Rp 2,5 Juta

0
299
(Ilustrasi, Source : Redaksi24)

Bali, Malanesia News, ­- Warga Dekai Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, mengeluhkan mahalnya harga tiket dari Dekai-Jayapura atau sebaliknya yang mencapai Rp2,5 juta per orang.

“Memang benar sejak dua maskapai yang rutin ke sini menghentikan sementara operasionalnya yakni Trigana Air dan Wings Air, menyebabkan harga tiket melonjak,” Markus warga Dekai yang sedang berada di Jayapura, Sabtu (1/4/2023).

Harga tikr yang mahal diakibatkan dari tidak adanya rute penerbangan sehingga  terpaksa mengggunakan pesawat kecil yang hanya muat untuk kapasitas 18 penumpang.

“Beberapa waktu lalu keluarga saya terpaksa menumpang pesawat tersebut dengan harga mencapai Rp2,5 juta per orang,” ungkap Markus seraya mengaku kenaikan harga tiket pesawat dari Dekai-Jayapura atau sebaliknya sejak pesawat Trigana ditembak.

Sementara Deputy Area Manager Papua Trigana Air Ahmad Irwan Rochendi secara terpisah mengaku, pihaknya belum dapat memastikan kapan kembali melayani rute Dekai-Jayapura atau Jayapura-Dekai.

“Manajemen akan kembali merapatkannya di Jayapura untuk memutuskannya mengingat beberapa waktu lalu Bupati Yahukimo sudah bersurat dan meminta Trigana kembali melayani rute tersebut,” jelas Irwan Rochendi.

Selanjutnyaa, Deputy Rochendi mengakui bhawa belum  membuka pelayanan rute tersebut juga di akibatkan Pesawat milik Trigana, Boeing 737-500 yang membawa 68 penumpang ditembak pada 11 Maret 2023 lalusaat lepas landas dari Bandara Not Goliat Dekai.

“Harga tiket Jayapura-Dekai atau sebaliknya tercatat Rp700.000 per orang,” tambah Irwan Rochendi.

Sebelumnya, perusahaan penerbangan Wings Air menghentikan sementara rute penerbangan Sentani-Dekai, ibu kota Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, menyusul insiden penembakan atas pesawat Trigana Air di Bandara Dekai.

Dan juga, Kepala Operasional Lion Air di Bandara Sentani, Papua. Suprihatin kepada Antara pada senin, mengkaui pesawatnya untuk sementara tidak terbang ke dekai sampai batas waktu yang tidak ditentukan

“Memang mulai hari Senin (13/3/2023) Wings Air tidak lagi terbang ke Dekai setelah pesawat Boeing 737-500 milik Trigana ditembak, Sabtu (11/3/2023) saat take off dari bandara Dekai menuju Jayapura,” kata Suprihatin.

“Wings Air akan kembali melayani penerbangan ke Dekai setelah ada jaminan keamanan, ” kata Suprihatin.

Sebelumnya Aviation Security and Safety Manager Trigana Air, Kapten Alfred membenarkan pihaknya untuk sementara menyetop penerbangan ke Dekai.

Pesawat Trigana Air ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Sabtu (11/3/2023) sekitar pukul 14.06 WIT saat take off dari Bandara Dekai Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan menuju Bandara Sentani Jayapura dengan membawa 66 penumpang. (**)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024