Pengumuman Jumlah Pemilih dan Upaya Pengawasan Bawaslu di Kabupaten Supiori

0
169

Supiori, Malanesianews,– Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Supiori, Jani Daniel Herik Prawar, SH, mengumumkan angka yang menarik terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT) di wilayah tersebut. Berdasarkan pengumuman yang dibagikan melalui grup WhatsApp Bawaslu dan Panwaslu Distrik Se-Kabupaten Supiori, tercatat sebanyak 17.128 pemilih yang terdaftar di 38 kampung dan 5 distrik di Kabupaten Supiori. Dalam jumlah tersebut, terdapat 8.698 pemilih laki-laki dan 8.430 pemilih perempuan.

Jani Daniel Herik Prawar juga memberikan perincian DPT per distrik di Kabupaten Supiori. Distrik Supiori Timur mencatat jumlah pemilih sebanyak 6.519 orang, terdiri dari 3.255 pemilih laki-laki dan 3.264 pemilih perempuan. Sedangkan Distrik Supiori Selatan memiliki total 2.714 pemilih, dengan pemilih laki-laki sebanyak 1.364 orang dan pemilih perempuan sebanyak 1.350 orang.

Selain itu, Distrik Kepulauan Aruri mencatatkan jumlah DPT sebanyak 4.059 pemilih, dengan 2.119 pemilih laki-laki dan 1.940 pemilih perempuan. Distrik Supiori Barat memiliki 2.030 pemilih, terdiri dari 1.042 pemilih laki-laki dan 988 pemilih perempuan. Distrik Supiori Utara memiliki jumlah pemilih sebanyak 1.806 orang, dengan 918 pemilih laki-laki dan 888 pemilih perempuan.

Bawaslu Kabupaten Supiori melalui Jani Daniel Herik Prawar menekankan pentingnya pengawasan dalam pengumuman DPT oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Supiori, bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPD) dan Panitia Pemilihan Sekolah (PPS) di seluruh distrik dan kampung di Kabupaten Supiori. Ia meminta dukungan dan kerjasama dari seluruh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwaslu) Distrik dan Panitia Pengawas Kecamatan (PKD) untuk memastikan keberlangsungan pemilu yang transparan dan adil.

Dalam menjaga integritas dan kepercayaan publik terhadap proses pemilu, Bawaslu berkomitmen untuk melakukan pengawasan yang ketat. Upaya pengawasan ini diharapkan dapat memastikan bahwa setiap pemilih memiliki akses yang sama dan dapat menggunakan hak suaranya secara bebas dan adil. Melalui kerja sama antara Bawaslu dan seluruh pihak terkait, diharapkan pemilihan di Kabupaten Supiori dapat berjalan lancar dan demokratis, mencerminkan kehendak rakyat secara menyeluruh.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024