Pemprov Papua Pegunungan Memperingati Hari Lahir Pancasila dengan Semangat Persatuan dan Toleransi

0
268

Wamena, Malanesianews,– Pada tanggal 1 Juni 2023, Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan dengan penuh semangat melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Kantor Gubernur Papua Pegunungan, Wamena, Jayawijaya. Acara tersebut dipimpin oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Provinsi Papua Pegunungan, Demianus Wasuok Siep, dan dihadiri oleh berbagai tokoh dan pejabat daerah.

Dalam sambutannya, Demianus Wasuok Siep menekankan bahwa Pancasila adalah hasil dari sebuah proses panjang yang dimulai pada tanggal 1 Juni 1945 dengan rumusan yang ditetapkan oleh Soekarno. Ia mengajak seluruh peserta upacara untuk memahami bahwa keberagaman adalah kodrat bangsa Indonesia dan merupakan anugerah Tuhan yang harus dijaga dengan baik. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia kaya akan budaya dan suku bangsa yang harus diperkuat melalui semangat persatuan dan toleransi.

Demianus menyoroti tantangan yang dihadapi bangsa dan negara dalam menjaga kebinekaan. Ia mengakui bahwa adanya sikap tidak toleran dan pandangan yang bertentangan dengan Pancasila menjadi ancaman bagi persatuan bangsa. Lebih lanjut, pengaruh negatif dari media sosial, penyebaran berita bohong, dan ujaran kebencian semakin memperumit situasi. Demianus mengajak seluruh peserta upacara untuk belajar dari pengalaman negara lain yang terjebak dalam radikalisme dan konflik sosial.

Dalam tema peringatan Hari Lahir Pancasila 2023, “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”, Demianus menegaskan bahwa setiap individu harus berkontribusi secara aktif dalam mewujudkan cita-cita bangsa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kewaspadaan terhadap pemahaman dan gerakan yang bertentangan dengan Pancasila, serta mengedepankan semangat gotong royong dalam membangun peradaban dan mendorong pertumbuhan global yang berkelanjutan.

Selain itu, acara peringatan ini turut dihadiri oleh beberapa tokoh penting, seperti Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua, Komandan Kodim 1702/JWY Letkol Cpn Athenius Murip, Kapolres Jayawijaya AKP Heri Wibowo, serta kepala-kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan. Demianus mengajak seluruh Forkopimda Provinsi Papua Pegunungan, yang terdiri dari 8 kabupaten, untuk menjaga perdamaian, memperkuat persatuan, meningkatkan persaudaraan, serta saling menghormati dan toleransi. Ia menekankan pentingnya sikap santun dan kerja sama yang bahu-membahu dalam memajukan Indonesia.

Demianus berharap agar Tuhan yang Maha Kuasa melimpahkan berkah dan rahmat kepada bangsa dan negara ini, sehingga nilai-nilai Pancasila sebagai pemersatu bangsa terus terjaga dan Indonesia dapat menghindari degradasi nilai-nilai tersebut. Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini menjadi momen yang penting untuk membangun kesadaran akan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara serta sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang harmonis.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024