Pemkab Keerom Terapkan Aplikasi E-Office, Piter Gusbager Apresiasi Pemprov Papua

0
252

Keerom, Malanesianews, – Guna memudahkan sistem surat-menyurat berbasis digital, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Keerom siap menerapkan Aplikasi E-Office dalam lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (ODP), Selasa (11/7/2023).

Bupati Keerom, Piter Gusbager mengatakan, sangat mengapresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) atas dukungan tersebut.

Menurut Piter, Aplikasi itu nanrinya digunakan untuk memfasilitasi Instansi atau ODP dalam pengelolaan surat-menyurat secara online.

Ia menambahkan, kehadiran Aplikasi tersebut menjadi sejarah penting bagi Kabupaten Keerom.

“Saat ini penggunaan layanan berbasis online sudah tidak dapat kita elakkan lagi, dimana kita sudah memasuki era digitalisasi di seluruh aspek pelayanan, kita sudah masuk di era 4.0,” katanya.

Sementara, Kepala Diskominfo Papua, Jeri Agus Yudianto mengatakan, E-Office merupakan Aplikasi administrasi perkantoran berbasis website yang digunakan untuk memfasilitasi disposisi surat oleh pempinan.

Aplikasi tersebut memiliki fitur sederhana dan sudah mendapat lisensi sertifikat Balai Sertifikat Elektronik (BSrE).

Untuk itu, Pemprov Papua memfasilitasi infrastruktur TIK yang dibutuhkan untuk mempersiapkan dan menyediakan Aplikasi E-Office.

“Jadi, kewajiban Pemkab Keerom bisa mempersiapkan Infrastruktur TIK untuk menunjang keberlangsungan pemanfaatan Aplikasi E-Office, seperti data base pegawai untuk registrasi akun pada Aplikasi E-Office, menyediakan sumber daya manusia dan subdomain serta melakukan sosialisasi penggunaan Aplikasi E-Office,” kata Jeri.

Kemudian, Plh. Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun mengatakan, dengan adanya E-Office pengelolaan administrasi surat-menyurat akan menjadi lebih baik.

Melalui Aplikasi tersebut, penggunaan kertas lebih sedikit, sehingga lebih hemat.

“Kadis Kominfo silahkan untuk membantu teman-teman di Keerom, intinya kami mensupport penggunaan Aplikasi ini sehingga bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, penggunaan Aplikasi E-Office di lingkungan Pemprov Papua sudah sejak di launching pada 12 juli 2022 lalu.

(AIS)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024