Pemkab Biak Numfor Manfaatkan Dana Otsus Papua Bangun Gedung Sekolah Dua Lantai

0
214

Biak Numfor, Malanesianews, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor, Provinsi Papua, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) memanfaatkan alokasi Dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua untuk membangun empat fasilitas gedung sekolah baru berlantai dua.

“Dukungan Dana Otsus Papua untuk Disdikbud sudah direalisasikan untuk membangun empat sekolah berlantai dua sebagai perwujudan visi misi Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap mewujudkan generasi emas Biak yang religius, berkarakter, dan berbudaya,” kata Kepala Disdikbud Biak Numfor, Kamaruddin.

Ia mengungkapkan, gedung sekolah dua lantai yang sudah rampung dibangun dari Dana Otsus Papua di antaranya SD Inpres Mandala di Distrik Biak Kota.

Sedangkan gedung sekolah lain yang dibangun dengan Dana Otsus Papua adalah SD Inpres Yafdas, SD Inpres Mandouw, dan SMP YPK Distrik Samofa.

Lebih lanjur, Kamaruddin mengatakan, gedung sekolah berlantai dua tersebut pembangunan fisiknya dari alokasi Dana Otsus Papua tahun 2022 dan sudah difungsikan untuk kegiatan belajar siswa.

“Kecuali untuk SD Inpres Mandouw masih manunggu peresmian yang akan dilakukan Bupati Herry Ario Naap,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Biak Numfor, Effendi Igirisa mengatakan, kucuran Dana Otsus Papua tahun 2023 telah dimanfaatkan untuk membiayai pelatihan pengelolaan budi daya perikanan bagi nelayan Orang Asli Papua (OAP).

“Nelayan Orang Asli Papua di Kepulauan Aimando/Padaido dan Pulau Numfor sudah mendapat pelatihan pengelolaan perikanan, tangkap, hingga budi daya perikanan,” kata Effendi.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Pemkab Biak Numfor, Gunadi mengatakan, telah merealisasikan serapan Dana Otsus Papua hingga Juni tahap pertama tahun 2023 sebesar Rp 31,6 miliar.

“Transfer Dana Otsus Papua dari Pemerintah Pusat tahap pertama ke Pemkab Biak Numfor sebesar Rp 45 miliar atau 40 persen dari total keseluruhan tahun 2023 sebesar Rp 150 miliar,” terangnya.

Ia melanjutkan, sisa dana tahap pertama Biak Numfor yang belum tersalurkan untuk kegiatan mencapai Rp 13,4 miliar.

“Kami harap semua Dana Otsus Papua tahap pertama sudah dapat tersalurkan sesuai peruntukan untuk kesejahteraan Orang Asli Papua,” tandasnya.

(AIS)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024