Bupati Keerom: Presiden Jokowi Bakal Berikan Alsintan Untuk Pengolahan Tanah

0
177

Keerom, Malanesianews, – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo akan memberikan alat dan mesin pertanian (Alsintan) untuk pengelohan tanah dan penanaman di lokasi Food Estate di Kampung Wambes, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua.

Bupati Keerom, Piter Gusbager mengatakan, Presiden sudah memberikan arahan kepada Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo untuk langsung menyerahkan alsintan guna mendukung investasi jagung di lokasi foof estate.

“Tetapi investasi jagung ini juga akan terintegrasi dengan secara tumpang sari atau pertanaman campuran jenis tanaman lain yang disediakan oleh Kementerian Pertanian,” katanya.

Menurutnya, di lokasi tersebut bisa ditanami pinang, kelapa dan manga yang nanti dikombinasikan di dalam jalur dan pematang dari jagung.

“Kami juga akan mengintegrasi dengan bioflok perikanan air tawar, jadi ada integritas antara tanaman dan perikanan yang akan dilakukan secara bertahap,” ungkapnya.

Ia menuturkan, pada tahun 2024 mendatang pihaknya berencana membukan lahan seluas 2.500 hektare untuk penanaman jagung, sebab saat ini baru dibuka 500 hektare.

“Sementara untuk jumlah petani yang ada di dua distrik yakni Distrik Manem dan Distrik Arso Timur sebanyak 1000 orang,” bebernya.

Piter menambahkan, sementara dari hasil panen jagung yang dilaksanakan saat ini di atas lahan dua hektare berdasarkan ubian Badan Pusat Statistik didapat sekitar 15 ton.

“Dan kami juga masih mempunyai cadangan 25 hektare dan 45 hektare yang siap panen sesuai dengan rotasi musim tanam seperti yang saat ini dilakukan panen merupakan musim tanam pada Maret 2023,” tandasnya.

(AIS)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024