Pemerintah Pastikan Tidak Ada Vaksin Palsu Di Indonesia

0
400

Jakarta, Malanesianews, – Di Indonesia. Hingga saat ini, distribusi vaksin Covid-19 sesuai standar yang ditetapkan World Health Organization (WHO), hal itu dipastikan langsung oleh pemerintah karena belum menemukan sindikat vaksin Covid-19 palsu.

“Sampai saat ini, sindikat semacam itu tidak ditemukan di Indonesia,” ujar Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito dalam International Media Briefing, Senin (8/3).

Wiku menjelaskan, pengadaan vaksin Covid-19 di Indonesia menggunakan skema kerja sama pemerintah G to G (government to government). Dalam pengadaan vaksin Covid-19 Sinovac, Indonesia bekerja sama dengan Tiongkok.

“Sehingga terjamin keaslian vaksinnya,” ujarnya.

Meskipun sindikat vaksin Covid-19 palsu belum ditemukan di Indonesia, Wiku memastikan pemerintah terus memantau proses pengadaan vaksin. Pemerintah juga terus mengedukasi dan berkoordinasi dengan perusahaan yang melakukan pengadaan vaksin Covid-19 dengan skema gotong royong.

“Patut diperhatikan bahwa pemalsuan vaksin Covid-19 merupakan kejahatan yang membahayakan kehidupan masyarakat di tengah pandemi Covid-19,” tegasnya.

Sebelumnya, sindikat vaksin Covid-19 palsu ditemukan di China dan Afrika Selatan. Polisi di China dan Afrika Selatan telah menyita ribuan dosis vaksin Covid-19 palsu.

Interpol menyampaikan menemukan 400 botol kecil (vial) atau setara dengan sekitar 2.400 dosis vaksin palsu di sebuah gudang penyimpanan di Germiston luar kota Johannesburg, Afrika Selatan. Di lokasi tersebut, petugas juga menemukan masker palsu dan menangkap tiga warga negara China dan Zambia.

Di China, polisi berhasil mengidentifikasi sebuah jaringan perdagangan vaksin Covid-19 palsu.

Polisi menggerebek gudang produksi dan berhasil menangkap 80 tersangka dan menyita lebih dari 3.000 vaksin palsu.

 

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024