Pemerintah Kabupaten Jayawijaya dan Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan Bersinergi untuk Mengembangkan Lahan Persawahan

0
262

Wamena, Malanesia News, – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya berharap mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan (Provinsi-PP) dalam mengembangkan lahan persawahan di wilayahnya. Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya, Marthin Yogobi, SH, M.Hum, menyampaikan harapan tersebut setelah melakukan panen padi bersama Penjabat Gubernur Provinsi-PP, Nikolaus Kondomo dan Dandim 1702 Jayawijaya, Letkol Cpn. Athenius Murib di lahan Persawahan Kampung Helaluwa Distrik Asolokobal Kabupaten Jayawijaya Provinsi-PP.

Kegiatan panen bersama yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi-PP, Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, dan Kodim 1702 Jayawijaya merupakan perwujudan dari Program Unggulan Kodim 1702 Jayawijaya. Padi yang dipanen hari itu merupakan program Unggulan Kodim 1702 Jayawijaya, yang ditanam bersama oleh Wakil Bupati, Dandrem, dan pihak terkait pada bulan September 2022.

Lahan Persawahan yang ada di Helaluwa dapat menjadi contoh bagi masyarakat yang memiliki kolam agar bisa membuka lahan persawahan dan mengembangkan kesejahteraan keluarga dari hasil panen. Pemerintah Kabupaten Jayawijaya berharap, kehadiran Pemerintah Provinsi-PP di Kampung Helaluwa dapat memberikan dukungan dalam rangka pemberdayaan masyarakat petani dengan memberikan bantuan alat kerja kepada petani sawah.

Wakil Bupati menyatakan bahwa dukungan dari Gubernur sangat penting karena anggaran APBD Kabupaten sangat terbatas, sehingga kerjasama dengan Pemerintah Provinsi dan TNI-Polri diperlukan. Sementara itu, Dandim 1702 Jayawijaya, Letkol Cpn. Athenius Murib, mengajak masyarakat setempat untuk selalu berkoordinasi dengan pihak terkait di Jayawijaya dalam pengelolaan padi sawah di daerah itu.

Dandim 1702 Jayawijaya berharap panen padi bersama yang dilakukan di Helaluwa dapat menjadi awal bagi pemerintah dan stakeholder lainnya dalam mengembangkan persawahan padi di Lembah Baliem Jayawijaya. Wamena, kata Dandim, merupakan lembah yang luas dan subur, sehingga sangat cocok untuk pengembangan padi sawa yang kemudian menjadi lumbung pangan untuk sejumlah kabupaten di wilayah Papua Pegunungan.

Harapan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya untuk mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan dalam pengembangan lahan persawahan di wilayahnya diharapkan dapat terwujud. Dukungan tersebut sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani dan meningkatkan produksi pangan di daerah.

(agengrdydr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here