Para Perwakilan Tokoh Adat dan Intelektual Papua Pegunungan Ajak Masyarakat Dukung Pembangunan dan Jaga Kamtibmas

0
207

Wamena, Malanesianews,– Sejumlah perwakilan tokoh adat dan intelektual Papua Pegunungan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, mengeluarkan serangkaian himbauan kepada masyarakat untuk mendukung pembangunan dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Salah satu tokoh yang memberikan himbauan tersebut adalah Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Kabupaten Jayawijaya, Herman Doga.

Dalam pernyataannya, Herman Doga mengajak seluruh masyarakat Papua Pegunungan untuk aktif mendukung berbagai program pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah. Ia menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif guna mendorong percepatan pembangunan di berbagai sektor.

“Dalam wujud kepedulian dan tanggung jawab kita atas kepercayaan yang diberikan pemerintah pusat kepada daerah otonom baru, Provinsi Papua Pegunungan, mari kita bersama-sama mendukung program-program pemerintah,” kata Herman Doga dalam keterangan yang diterima pada Senin, 29 Mei 2023.

Sebagai tokoh adat dan intelektual, Herman Doga juga mengingatkan masyarakat agar tidak terpengaruh oleh isu-isu perpecahan yang dapat merusak kehidupan yang telah terjaga dengan baik. Ia meminta masyarakat untuk lebih bijak dan cerdas dalam menyikapi isu-isu kontroversial serta berupaya menjaga persatuan dan kesatuan.

“Jangan terjebak oleh isu-isu provokatif yang belum terverifikasi kebenarannya. Kita harus tetap waspada agar tidak terjadi konflik yang dapat menghancurkan persatuan kita,” tegasnya.

Selain itu, Herman Doga juga menekankan pentingnya pemerintah dalam memaksimalkan program-program Otonomi Khusus (Otsus) guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Wamena dan sekitarnya, terutama di wilayah Papua Pegunungan.

“Kita berharap agar pemerintah dan seluruh masyarakat dapat bergandengan tangan dalam membangun daerah ini, khususnya dalam memajukan Papua Pegunungan sehingga kesejahteraan dapat tercapai,” imbuhnya.

Herman juga mengajak masyarakat Papua Pegunungan untuk aktif dalam proses demokrasi, terutama dalam pemilihan legislatif dan pilkada serentak tahun 2024. Ia mengingatkan pentingnya pemilihan pemimpin yang berkualitas guna membawa perubahan yang positif bagi masa depan generasi penerus.

“Marilah kita bersama-sama menjaga demokrasi dengan baik dan menyukseskan pemilihan legislatif dan pilkada serentak 2024,” serunya.

Himbauan yang disampaikan oleh Herman Doga mendapat dukungan penuh dari sejumlah tokoh intelektual lainnya, antara lain Lazarus Paragaye, Pilpus M, Demianus Doga, Maikel Wetipo, dan Kundrias Walela. Mereka berharap agar masyarakat dapat bersatu dan saling mendukung dalam upaya membangun Papua Pegunungan menjadi daerah yang maju dan sejahtera.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here