Monumen Kapsul Waktu Merauke, Menjaga Tradisi Suku Papua dan Simbol Impian Anak Muda Indonesia

0
320

Merauke, Malanesia News,- Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Papua merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Monumen ini juga merupakan landmark Kabupaten Merauke yang dapat dilihat saat pesawat mendarat. Lokasi Monumen Kapsul Waktu terletak di depan Kantor Bupati Merauke dan dekat Bandara Mopah.

Menariknya, Monumen Kapsul Waktu memiliki beberapa fakta unik yang menambah daya tarik kunjungan wisata. Pertama, struktur di atas bangunan Monumen Kapsul Waktu terinspirasi dari menara perang Suku Dani. Gagasan desain Monumen Kapsul Waktu terinspirasi dari berbagai elemen pertahanan suku-suku di Papua, seperti tombak dan tameng (perisai).

Kedua, Monumen Kapsul Waktu memiliki lima akses masuk yang merepresentasikan lima suku asli Merauke, yaitu Malind, Muyu, Mandobo, Mappi, dan Auyu. Kelima suku tersebut juga berfungsi sebagai penjaga tugu kapsul waktu.

Selanjutnya, ukuran bangunan Monumen Kapsul Waktu juga memiliki makna yang unik. Bangunan ini memiliki lebar 17 meter, tinggi 8 meter, dan panjang 45 meter. Angka 17, 8, dan 45 merepresentasikan hari kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945.

Terakhir, Monumen Kapsul Waktu di Merauke menjadi semakin spesial karena monumen ini merupakan tempat menyimpan impian para anak muda di seluruh provinsi di Indonesia. Para anak-anak muda menulis keinginannya dalam 70 tahun mendatang dan pengumpulan tulisan impian para anak-anak muda itu dilakukan melalui ekspedisi melintasi 34 provinsi yang dimulai tahun 2015. Tulisan impian dari anak-anak muda tersebut disimpan dalam kapsul waktu di monumen ini kemudian dilas dan akan dibuka pada 2085 nanti.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024