Mendagri Tito Karnavian Perpanjang Masa Jabatan Paulus Waterpauw sebagai Penjabat Gubernur Papua Barat

0
308

Jakarta, Malanesianews,- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dikabarkan akan memperpanjang masa jabatan Paulus Waterpauw sebagai Penjabat Gubernur Papua Barat. Paulus Waterpauw kini berada di Jakarta dan rencananya, Tito Karnavian akan menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada Paulus Waterpauw pada Jumat (12/5/2022) pagi. Paulus juga akan dilantik untuk kedua kalinya sebagai Pj Gubernur Papua Barat. Masa jabatan periode pertamanya berakhir tepat pada hari ini, 12 Mei 2023.

Sebelumnya, DPR Papua Barat merekomendasikan tiga nama untuk calon Pj Gubernur Papua Barat ke Kementerian Dalam Negeri. Selain Paulus Waterpauw, ada Sugeng Purnomo dan Velix Vernando Wanggai. Sugeng Purnomo adalah Deputi Bidang Koordinasi Hukum dan Hak Asasi Manusia Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam). Lalu, Velix Vernando Wanggai merupakan putra asli Papua kelahiran Jayapura. Lulusan Universitas Nasional Australia tersebut bertugas sebagai staf khusus presiden di era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Paulus Waterpauw bertugas sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan di Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) sebelum menjadi Pj Gubernur Papua Barat pada 2022. Tito Karnavian memperpanjang masa jabatan Paulus sebagai Pj Gubernur Papua Barat karena dianggap mampu memimpin Papua Barat dengan baik dan dapat memperjuangkan kepentingan masyarakat Papua Barat.

Perpanjangan masa jabatan Paulus Waterpauw sebagai Pj Gubernur Papua Barat juga mendapat dukungan dari berbagai pihak, seperti Ketua DPR Papua Barat, Paskalis Semuel Awom, dan Wakil Ketua DPR Papua Barat, Edi Wandik. Menurut mereka, Paulus telah menunjukkan kinerja yang baik dan berkomitmen untuk memajukan Papua Barat.

Sebelumnya, pada Februari 2023, Paulus Waterpauw juga telah mendapatkan penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial dari Presiden Joko Widodo atas jasanya dalam memberikan bantuan dan dukungan kepada masyarakat Papua Barat yang terdampak pandemi Covid-19. Penghargaan ini menunjukkan kinerja Paulus yang baik dalam memimpin Papua Barat.

Dengan perpanjangan masa jabatan Paulus Waterpauw sebagai Pj Gubernur Papua Barat, diharapkan Papua Barat dapat terus berkembang dan memperjuangkan kepentingan masyarakatnya dengan baik di masa yang akan datang.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here