Kota Jayapura Berhasil Raih Juara Umum STQ XXVII Papua

0
190

Jayapura, Malanesianews,- Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXVII Papua Tahun 2023 di Kota Jayapura secara resmi telah selesai diselenggarakan. Dalam kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 18 Juni sampai 24 Juni 2023 malam itu, Kota Jayapura berhasil meraih juara umum.

Berdasarkan SK Nomor 01/DH/STQ-XXVII/Papua/2023 yang dibacakan oleh Koordinator Dewan Hakim, H Jalaludin Tiflen, Kota Jayapura adalah peraih Juara Umum STQ XXVII Papua.

Ketua Panitia STQ XXVII Papua, Joko Dasri mengatakan, para peserta perwakilan dari wilayah se-Papua telah menampilkan yang terbaik untuk daerahnya.

“Penuh persaingan yang sangat ketat untuk mendapatkan tempat terbaik dalam ajang lomba ini,” kata Joko.

Joko melanjutkan, ini merupakan suatu kebanggaan yang dilakukan untuk membumikan Al-Qur’an kepada generasi yang akan datang.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Provinsi Papua, Pendeta Klemens Taran, yang diwakili Pembimbing Zakat dan Wakaf Hj. Ani Matdoan menyampaikan, STQ merupakan ajang mengembangkan tiwalahtil Qur’an dan pemahaman wahyu Illahi, serta menjadikannya sebagai sumber ilmu pengetahuan.

“STQ adalah ajang bagi kita dalam mengembangkan tilawatil Qur’an dan pemahaman wahyu-wahyu Illahi, serta menjadikan Alquran sebagai sumber segala ilmu pengetahuan, sehingga tidak hanya sekedar dibaca dan dihafalkan saja,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Al-Qur’an merupakan pedoman hidup umat Islam dalam kehidupan sehari-hari, baik keluarga, masyarakat dan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Sasaran kita adalah kemampuan memahami ajaran-ajaran luhur dan tata nilai yang terkandung dalam Alquran untuk kemudian dihayati dan diamalkan oleh setiap umat muslim sebagai tuntunan dan pedoman, baik dalam kehidupan, keluarga, bermasyarakat dan bernegara,” jelasnya.

(AIS)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024