KONI Papua Selatan Siap Rekrut Atlet Papua untuk Meraih Prestasi di PON 2024

0
213

Merauke, Malanesia News, – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua Selatan memiliki rencana untuk merekrut para atlet Papua Selatan yang saat ini tergabung di KONI Papua. Langkah ini diambil agar para atlet dapat membawa nama daerah sendiri Papua Selatan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh-Sumatera.

Ketua KONI Papua Selatan, Apollo Safanpo, menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan komunikasi dengan ketua KONI Papua terkait rencana tersebut. Saat ini, para atlet yang berasal dari Papua Selatan masih tergabung dalam KONI Papua. Namun, apabila ada atlet-aslet asal Papua Selatan yang ingin bergabung dengan KONI Papua Selatan, maka mereka akan menerima.

Menurut Apollo, Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua Selatan mendapatkan dispensasi untuk tidak mengikuti babak kualifikasi pada PON Aceh-Sumatera 2024. Oleh karena itu, mereka dapat langsung ikut putaran final, namun hanya diberikan kesempatan untuk cabang-cabang olahraga perseorangan saja, bukan yang beregu, karena yang beregu harus mengikuti kualifikasi terlebih dahulu.

Saat ini, sejumlah atlet Papua Selatan berasal dari Kabupaten Merauke, Kabupaten Asmat, Kabupaten Mappi, dan Kabupaten Boven Digoel masih bergabung di KONI Papua. Dengan terbentuknya KONI Papua Selatan, diharapkan para atlet asal Papua Selatan dapat bergabung untuk mengukir sejarah prestasi olahraga di wilayahnya sendiri.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024