Keterlibatan Aparatur Kampung dalam Sosialisasi Peraturan Bupati tentang Pengelolaan Dana Desa di Kabupaten Keerom

0
396

Keerom, Malanesianews,– Pemerintah Kabupaten Keerom, Papua, telah mengadakan sebuah acara sosialisasi yang bertujuan untuk memperkenalkan Peraturan Bupati terkait petunjuk pengelolaan dan alokasi dana desa tahun 2023 kepada aparatur kampung. Acara ini dihadiri oleh ratusan peserta yang terdiri dari kepala kampung dan ketua Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam).

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Keerom, Barnabas Taygat, menjelaskan bahwa tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada aparatur kampung mengenai aturan, tugas, dan fungsi mereka dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, serta dalam pengelolaan dana desa.

Dalam pelaksanaannya, acara sosialisasi melibatkan tiga badan keuangan, yaitu Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset, serta Inspektorat. Selain itu, juga hadir sebagai narasumber BPJS Kesehatan Papua dan BPJS Ketenagakerjaan Keerom. Mereka memberikan materi terkait kebijakan pembangunan daerah, pengelolaan keuangan, pertanggungjawaban, jaminan sosial dan kesehatan, serta pengelolaan kesehatan ketenagakerjaan.

Selain memberikan pemahaman tentang kebijakan dan aturan terkait pengelolaan dana desa, acara sosialisasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya aparatur kampung dalam perencanaan, pelaksanaan pembangunan, pengelolaan keuangan kampung, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat.

Sosialisasi ini berlangsung selama satu hari di Aula Dispora Keerom dengan diikuti oleh 180 peserta. Barnabas Taygat menyampaikan bahwa acara ini didanai oleh DPMK melalui anggaran tahun 2023.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, aparatur kampung di Kabupaten Keerom akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang tugas dan tanggung jawab mereka dalam pengelolaan dana desa. Hal ini diharapkan dapat memperkuat peran mereka sebagai penyelenggara pemerintahan yang efektif serta berkontribusi positif dalam pembangunan masyarakat di wilayah Kabupaten Keerom.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024