Keberhasilan 49 UMKM Biak Numfor Raih Sertifikat Halal, Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Muslim dan Dukung Pengembangan Ekonomi Lokal

0
164

Biak Numfor, Malanesianews – Para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Biak Numfor, Papua, meraih sebuah prestasi gemilang dengan memperoleh sertifikat halal pangan olahan dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Pencapaian ini menjadi sebuah tonggak bersejarah bagi UMKM Biak, karena kini produk-produk mereka resmi diakui sebagai produk halal yang sesuai dengan aturan dan standar syariat.

Sebanyak 49 UMKM di Distrik Kosiwo di Kabupaten Biak Numfor menjadi penerima sertifikat halal ini setelah melalui proses yang ketat dan berkomitmen untuk memenuhi persyaratan dari BPJPH dan MUI. Jenis produk yang mendapatkan sertifikat meliputi berbagai kuliner, ekstrak sari jahe, sambal ikan julung, ikan asap, aneka kue, minyak goreng kelapa, abon ikan, dan sagu.

Kadisperindag Biak, Yubelius Usior, menekankan bahwa pemberian sertifikat halal ini bukan hanya sekedar formalitas semata, tetapi juga merupakan bentuk kepedulian pemerintah untuk menjaga kehalalan produk olahan pangan yang dikonsumsi oleh masyarakat. Dengan adanya jaminan halal, diharapkan akan semakin meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk-produk UMKM Biak.

Program pemberian sertifikat halal ini telah berlangsung sejak tahun lalu, dan pada tahun 2023 ini, Pemkab Biak Numfor melalui Disperindag sudah berhasil membantu pengurusan sertifikat halal untuk 65 pelaku usaha. Proses ini juga menjadi bagian dari upaya pemerintah untuk mendukung UMKM dalam meningkatkan daya saing produk lokal, baik di pasar domestik maupun internasional.

Pengibaran bendera merah putih di Pegunungan Muman, Distrik Kosiwo pada Jumat 21 Juli 2023, sebagai bagian dari menyambut hari ulang tahun ke-78 kemerdekaan Indonesia, menjadi momen yang berkesan bagi pelaku UMKM Biak. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Yubelius Usior, mengajak seluruh masyarakat di Pegunungan Muman untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan mencintai bendera merah putih sebagai simbol negara.

Prestasi UMKM Biak dalam meraih sertifikat halal ini menjadi contoh inspiratif bagi pelaku usaha lain di daerah ini. Semoga dengan adanya dukungan pemerintah dan semangat kebersamaan, UMKM Biak semakin berkembang dan menjadi bagian yang berharga dalam perekonomian daerah dan bangsa.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here