Mengintip Keunikan Kampung Wisata Tablasupa, Kabupaten Jayapura yang Berdiri di Atas Laut

0
465

Jayapura, Malanesianews – Papua dikenal sebagai salah satu pulau yang menyimpan keindahan alam yang tak tertandingi di Indonesia. Selain pesona pantai dan pegunungannya, budaya dan adat dari masyarakat Papua juga menjadi daya tarik yang unik. Namun, tahukah Anda bahwa ada sebuah kampung wisata di Kabupaten Jayapura yang tak seperti kampung-kampung wisata biasanya? Kampung Tablasupa menjadi destinasi yang istimewa karena dibangun di atas laut!

Terletak di Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Kampung Tablasupa memiliki daya tarik unik karena semua rumahnya dibangun di atas lautan. Pondasi rumah-rumah ini terbuat dari kayu yang menancap langsung ke dasar laut, dan bahan bangunan utamanya adalah kayu alami. Keunikan kampung ini menarik minat wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Kampung Tablasupa menawarkan panorama pantai yang indah dan keindahan bawah laut yang tak tertandingi. Terletak di bagian utara pegunungan Cyclops, kampung ini memang memiliki akses yang jauh dari pusat Kota Jayapura. Namun, hal ini menjadi berkah karena wilayah bawah laut di sekitar kampung dapat terjaga dengan baik dan menjadi spot wisata diving dan snorkeling yang menakjubkan.

Kampung Tablasupa memiliki kelompok pemandu selam yang siap menemani pengunjung dalam aktivitas menyelam ke bawah laut. Pengalaman unik ini memungkinkan wisatawan untuk menikmati keindahan terumbu karang dan kehidupan laut yang kaya akan keanekaragaman.

Selain menyelam, pengunjung juga dapat mengunjungi Wisata Alam Bird of Paradise di Kampung Tablasupa. Tempat ini merupakan lokasi untuk mengamati burung cendrawasih, salah satu jenis burung yang sangat langka dan dilindungi. Wisata ini dikelola oleh masyarakat setempat dengan komitmen untuk menjaga kelestarian burung cendrawasih.

Pantai Serebo di Kampung Tablasupa juga tak kalah menarik. Pengunjung dapat menikmati pasir putih yang lembut dan bermain di air laut yang jernih. Pantai Serebo juga menjadi spot yang ideal untuk menyaksikan matahari terbenam dan langit berbintang di malam hari.

Di samping menikmati pesona pantai dan bawah laut, kawasan Kampung Tablasupa juga menawarkan kuliner laut segar dan olahan ikan yang lezat. Pengunjung dapat membeli ikan segar dan mencoba masakan khas masyarakat setempat sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Kampung Tablasupa benar-benar merupakan destinasi wisata bahari yang unik di atas laut, menghadirkan pengalaman tak terlupakan bagi setiap pengunjung yang datang. Dengan kekayaan alam dan budaya yang dimilikinya, Kampung Tablasupa menjadi salah satu potret indah dari kekayaan Papua yang harus dijaga dan diapresiasi.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here