Jelang HUT ke-78 RI, Pemkab Keerom Gelar Pemeriksaan Mata dan Pembagian Kacamata Gratis Bagi Masyarakat

0
812

Jayapura, Malanesianews, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Keerom melalui Panitia HUT ke-78 RI menggelar pemeriksaan mata dasar dan pembagian kacamata secara gratis kepada masyarakat.

Wakil Bupati Keerom, Wahfir Kosasaih mengatakan, bakti sosial ini dalam rangka menyambut HUT ke-78 RI.

“Pemeriksaan menyelenggarakan satu kegiatan yang sangat positif. Terutama untuk kesehatan mata,” kata Wahfir Kosasih, Rabu (9/8/2023).

Menurutnya, pemeriksaan mata ini memberikan ispirasi agar tahun depan akan diadakan seperti ini lagi.

“Ini satu hal yang luar biasa dan patut berikan apresiasi. Dimana tidak hanya memperingati secara seremonial, tapi lebih dari pada itu memberikan sentuhan manfaat terhadap masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Kosasih, kesehatan dalam hal penglihatan sangatlah penting.

“Beruntung sekali panitia HUT berikan sentuhan, dalam hal pemeriksaan mata. Sakali lagi, betapa penting untuk merawat mata yang tuhan telah berikan,” ucapnya.

Selaku Wakil Bupati, ia mengajak masyarakat untuk memanfaatkan momen ini dengan baik.

“Masyarakat mesti memanfaatkan momen ini secara baik. Karena target yang diharapkan tahun ini adalah 7.000 pasien.”“Namun, karena ketersediaan kacamata terbatas, hanya mereka yang beruntung saja yang mendapatkan kacamata gratis.”

“Kacamata hanya sebatas 500, nanti biar adil akan di undi. Kira-kira begitu. Mereka (masyarakat) akan diberi kupon,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Keerom, Faustina Helena Burdam menambahkan, pemeriksaan mata akan dilakukan selama 7 hari.

“Pemeriksaan mata mulai hari ini 9 sampai dengan tanggal 15 Agustus 2023,” katanya.
Menurutnya, dari hasil pemeriksaan mata ini, kemudian dokter akan menentukan siapa yang akan mendapatkan kacamata.

“Tapi, tentunya ada kriteria pemeriksaan. Kemudian, yang bersangkutan akan diberikan kupon. Nah, kupon ini harus disimpan baik-baik.”

“Karena nanti pembagiannya berdasarkan kupon itu pada saat hari kemerdekaan 17 Agustus nantinya,” tandasnya.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024