Jelang HUT Ke 121, Pemkab Merauke Gelar Lomba Olahraga Tradisional

0
210

Merauke, Malanesianews, – Kabupaten Merauke akan merayakan Hari Ulang Tahunya (HUT) yang ke 121 pada  12 Februari Mendatang

Ketua panitia HUT , Thomas Kimko mengatakan Pemerintah Kabupaten Merauke telah menyiapkan sejumlah kegiatan HUT Merauke.

“Kepanitiaan sudah terbentuk dan dilengkapi dengan 13 seksi yang akan mendukung pelaksanaan perayaan HUT Merauke,” ujar Thomas.

Panitia yang dibentuk, kata Thomas bakal menyelenggarakan sejumlah kegiatan seperti Pameran UMKM, Pawai Budaya serta sejumlah pertandingan olahraga.

“Panitia sekarang menyusun jadwal kegiatan seperti olahraga dan lain lain termasuk pawai budaya yang akan diadakan oleh panitia melaui seksi-seksi akan mempersiapkan,” ujarnya.

Nantinya kata Thomas Kimko, penyelenggaraan pameran dan hiburan masyarakat digelar mulai tanggal 1 sampai 12 Februari mendatang.

Untuk pawai budaya, nantinya juga bakal digelar berdasarkan entis masing masing, sehingga tidak ada lagi pawai yang dilakukan oleh masing masing instasi maupun organisasi.

“Pawai budaya tanggal 9 Februari 2023. Pawai budaya ada spesifikasi lebih ke nuansa budaya. Oleh karena itu, instansi pemerintah akan berbaur bersama etnis yang ada, jadi kita tidak turun membawa nama dinas namun lebih ke etnis daerah,” kata Thomas.

Untuk acara lomba, dari sejumlah lomba yang digelar, panitia juga menggelar lomba olahraga tradisional bagi warga asli Papua seperti lomba panah tradisional dan lomba dayung tradisional.

“Lomba panah akan dibagi beberapa titik di basis orang asli papua,” ujarnya.

Selain lomba tradisional, turut digelar sejumlah lomba lainnya seperti pertandingan sepakbola antar kelurahan, balap motor, pacuan kuda tradisional, lomba yospan serta lomba menembak.

Sekadar diketahui, HUT Kabupaten Merauke diperingati setiap tanggal 12 Februari, sejumlah kegiatan menjadi agenda rutin yang disiapkan Pemerintah Daerah Merauke untuk menyemarakkan HUT Kabupaten Merauke yang saat ini menjadi ibu kota Provinsi Papua Selatan.

(K.U)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024