Indonesia Tekan Afganistan Agar Jamin Perlindungan HAM Di Negaranya

0
303

Jakarta,Malanesianews, – Indonesia kini mendorong agar semua pihak dapat menghentikan seseluruh kekerasan dan tindak kekejaman, Indonesia juga terus tekankan agar otoritas Afganistan dapat menjamin perlindungan serta hak asasi manusia (HAM) di Negara tersebut.

Kuasa Usaha ad Interim Perutusan Tetap Republik Indonesia di Jenewa, Duta Besar Grata E Werdaningtyas menyampaikan hal tersebut dalam Sesi Khusus Dewan HAM bertajuk Keprihatinan atas Situasi Hak Asasi Manusia yang Serius di Afghanistan.

“Indonesia juga menekankan pentingnya otoritas di Afghanistan untuk menjamin perlindungan hak-hak asasi seluruh orang di Afghanistan, termasuk khususnya perempuan dan anak perempuan,” ujar Grata dalam keterangan tertulis, Rabu (25/8/2021).

Tak hanya itu, dalam pernyataannya, Indonesia juga menekankan pentingnya Dewan HAM mengikuti situasi perkembangan HAM di Afghanistan serta jaminan atas partisipasi perempuan secara penuh, setara, dan bermakna. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Terutama, kata dia, dalam proses perdamaian dan perkembangan situasi di Afghanistan ke depannya.

“Indonesia juga menggarisbawahi pentingnya jaminan akses kemanusiaan oleh otoritas saat ini,” kata Grata dalam pernyataannya.

Ia menambahkan, Indonesia juga berkeyakinan dan berkomitmen terhadap proses perdamaian dan rekonsiliasi nasional yang inklusif di Afghanistan. Menurut dia, masyarakat internasional mendukung penyelesaian situasi kekerasan melalui proses politik yang damai.

Termasuk dengan menjamin proses rekonsiliasi nasional yang bersifat inklusif, Afghan-led and Afghan-owned.

“Indonesia juga meminta Dewan HAM meningkatkan komitmen pemberian bantuan dan pembangunan kapasitas sesuai kebutuhan Afghanistan,” kata dia.

Adapun di acara tersebut telah berhasil disahkan resolusi Dewan HAM berjudul “Strengthening the Promotion and Protection of Human Rights in the Islamic Republic Afghanistan”. Resolusi tersebut antara lain menegaskan soal keprihatinan atas situasi di Afghanistan, meminta gencatan senjata, dan penghormatan penuh atas hak-hak asasi seluruh orang di Afghanistan.

Selain itu, resolusi juga meminta seluruh pihak yang terlibat konflik menghormati kewajiban berdasarkan hukum internasional. Termasuk hukum HAM internasional dan hukum humaniter internasional, serta beberapa hal lainnya.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024