Indeks Pembangunan Manusia di Sektor Pendidikan di Jayapura Meningkat, Pemkab Berikan Perhatian Khusus pada Literasi Masyarakat

0
156

Jayapura, Malanesia News,- Pemerintah Kabupaten Jayapura, Papua, telah melakukan terobosan-terobosan besar dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia di sektor pendidikan. Selama enam tahun terakhir, indeks pendidikan di bumi Kenambai-Umbai mengalami kenaikan yang cukup baik. Sekretaris Daerah Kabupaten Jayapura, Hana Hikoyabi, mengatakan bahwa pada RPJMD Kabupaten Jayapura dari 2017 hingga 2022 di sektor IPM terjadi peningkatan hingga 72,67 persen, dengan capaian indeks pendidikan sebesar 72,5 persen.

Dalam sambutannya saat meresmikan Gedung Perpustakaan Umum di Sentani, Hana menyatakan bahwa capaian tersebut akan terus digenjot hingga tahun 2023 hingga 2026 nanti. Hal ini dilakukan melalui peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing melalui literasi pengembangan pendidikan kesetaraan masyarakat. Menurutnya, literasi masyarakat dapat mencerdaskan kehidupan mereka yang berkualitas, informatif, komunikatif, dan edukatif. Oleh karena itu, literasi menjadi parameter untuk memajukan sumber daya manusia yang unggul.

Pemerintah Kabupaten Jayapura sangat memperhatikan pentingnya literasi masyarakat, karena hal tersebut bukan hanya sebatas baca serta menulis, tetapi juga perlu menjadi sebagai kecakapan. Dengan peningkatan kualitas literasi masyarakat, diharapkan masyarakat bisa lebih maju dalam kehidupannya dan menjadi sumber daya manusia yang unggul. Dalam hal ini, Sekda Kabupaten Jayapura mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam meningkatkan literasi di wilayah mereka.

Pemerintah Kabupaten Jayapura menetapkan target agar indeks pendidikan tahun 2023 dapat meningkat lagi hingga mencapai 73,15. Dalam rangka mencapai target tersebut, Pemerintah Kabupaten Jayapura terus mengupayakan terobosan-terobosan besar dalam memajukan pendidikan di wilayahnya, seperti peningkatan kualitas literasi masyarakat dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Diharapkan, terobosan-terobosan besar yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura ini dapat terus memberikan dampak positif bagi kemajuan pendidikan di Papua.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024