Hadiri Sidang PBB, Presiden Jokowi Sampaikan Multilateralisme Adalah Jalan Untuk Kesetaraan

0
36

Jakarta, Malanesianews, – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-75 pada Rabu 23 September 2020.

Sebelumnya, selama menjabat lima tahun pada periode pertama, Presiden Jokowi selalu absen mengikuti Sidang Majelis Umum PBB.

Akan tetapi, pada tahun ini ia siap berpidato pada sidang ini. Dalam sidang ini, Presiden Jokowi menyampaikan beberapa hal untuk PBB.

Menurutnya, PBB harus membenah diri untuk melakukan reformasi, revitalisasi, dan efisiensi. Dan PBB harus dapat membuktikan bahwa mereka dapat multiteralism delivers termasuk pada saat terjadinya krisis.

“PBB harus lebih responsif dan efektif dalam menyelesaikan berbagai tantangan global,” ujarnya dikutip dalam YouTube Setkab yang diunggah pada Rabu 23 September 2020.

“Dan kita semua memiliki tanggung jawab untuk terus memperkuat PBB agar PBB tetap relevan dan semakin kontributif sejalan dengan tantangan zaman,” tambahnya.

Ia juga mengungkapkan PBB bukan sekedar sebuah gedung di New York, melainkan sebuah cita-cita dan komitmen seluruh bangsa untuk mencapai perdamaian dunia.

“Indonesia memiliki yakinan yang tidak tergoyahkan terhadap PBB dan multilateralisme,” ujarnya.

Menurutnya, multilateralisme adalah jalan menuju kesetaraan.

“Multilateralisme adalah satu-satunya jalan yang dapat memberikan kesetaraan,” katanya.