Gubernur Kondomo: APBD Tahun 2023 Papua Pegunungan Rp.1,8 Trilyun

0
602

Jakarta, Malanesianews, – Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan berkonsultasi dan berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk anggaran pembangunan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Hal itu dilakukan Dalam rangka percepatan pembangunan.

Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan, Nikolaus Kondomo,SH.,MH didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), DR.Sumule Tumbo.SE.,MM memimpin langsung konsultasi dan koordinasi tersebut.

“Saat ini kami berada di Jakarta untuk konsultasi anggaran Provinsi Papua Pegunungan. Kita harapkan pemerintah pusat dapat segera merealisaskan anggaran untuk pelayanan kepada masyarakat,”ujar Gubernur Kondomo, Kamis (26/1/2023).

Dengan anggaran pembangunan kurang lebih Rp. 1,8 Triliun yang dialokasikan Pemerintah Pusat, Anggaran Provinsi Papua Pegunungan tersebut nantinya digunakan untuk belanja publik.

“Pemerintah pusat memberikan alokasi dana untuk Papua Pegunungan kurang lebih Rp1,8 triliun. Makanya untuk realisasi anggarannya, kita sedang konsultasi dan berkoordinasi,”ungkap Gubernur Kondomo

Gubernur Kondomo mengatakan seluruh Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) yang sudah terbentuk baik dinas maupun badan telah diinstruksikan dalam waktu segera menyelesaikan RKA.

“Untuk penggunaan anggaran tahun ini maka kita instruksikan seluruh dinas dan badan yang sudah terbentuk untuk menyusun program kerja dan Menyusun RKA sesua dengan kebutuhan pelayanan kepada masyarakat,”ujarnya.

Gubernur Kodomo memimpin langsung penyusunan Rancangan Peraturan Gubernur tentang APBD Provinsi Papua Pegunungan Tahun Anggaran 2023 bersama Pj. Sekretaris Daerah, Dr. Sumule Tumbo, SE, MM sebagai Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Diharapkan minggu ini Rancangan Peraturan Gubernur tentang APBD Tahun 2023 rampung, selanjutnya diserahkan kepada Bapak Mendagri untuk mendapat persetujuan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Pegunungan,”jelasnya

“Saya memimpin langsung penyusunannya bersama tim anggaran. Dan diharapkan dalam waktu dekat diharapkan Kemendagri dan Kementerian Keuangan dapat menyetujui anggaran kita sehingga roda pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan baik,”tandas mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Papua itu.

Gubernur Kondomo menambahkan untuk anggaran 2023 difokuskan untuk membiayai pelayanan kepada masyarakat termasuk menyiapkan berbagai sarana prasana pemerintahan untuk menopang roda pemerintahan.

“Anggaran Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan 2023 diprioritaskan untuk mendukung penyelenggaraan roda pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. Kita fokus menyiapkan fondasi untuk pelayanan publik,”lanjutnya.

(K.U)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024