Festival Kasumasa, Pemkab Biak Numfor Angkat Potensi Sektor Pertanian-Kemaritiman

0
288

Biak Numfor, Malanesianews, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor, Papua menyebut Festival Kasumasa digelar 14-17 Juli 2023 untuk mengangkat potensi di sektor pertanian-kemaritiman dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan lokal.

“Festival Kasumasa untuk memantapkan kedaulatan maritim Indonesia di Pasifik. Dengan tagline Torang Hebat,” kata Ketua Panitia Festival Kasumasa, Ricardo Mayor.

Menurutnya, Festival Kasumasa merupakan rangkaian kegiatan menuju puncak event Sail Teluk Cenderawasih, 1-7 November 2023 merupakan program kegiatan pemerintah untuk masyarakat Kabupaten Biak Numfor.

Sebelumnya, Ricardo Mayor mengatakan, berbagai kegiatan Festival Kasumana yang diprogramkan seperti pameran UMKM, panen hasil pertanian, lomba konten creator video akun TikTok program dan tokoh Bupati Herry Ario Naap.

Selain itu juga, ada lomba paduan suara etnik Papua, grup vocal, lomba pidato bahasa Biak dan bahasa Inggris, lomba renang tradisional, makan ikan tuna bersama masyarakat, dan hiburan rakyat.

“Dan acara puncak sykuran hari ulan tahun Pemerintah Kabupaten Biak Numfor ke-107 pada 17 Juli 2023,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap mengatakan, berbagai Festival yang dibuat Pemkab Biak Numfor adalah rangkaian acara menuju Sail Teluk Cenderawasih 1-7 November 2023.

Tujuan dari beragam acara tersebut, menurut Herry, untuk mengangkat perekonomian dan pendapatan pelaku usaha Orang Asli Papua dan masyarakat lokal Papua di kampung.

“Ini terbukti pada Festival Biak Munara Wampasi 1-8 Juli 2023, terdapat perputaran transaksi uang pelaku UMKM sebesar Rp 8 miliar dan hunian kamar hotel dapat terisi hingga 85 persen. Bahkan, mama-mama Papua jual pinang sirih hingga tukang ojek dan sewa mobil rental penghasilan juga ikut bertambah,” jelasnya.

Ia berharap, Festival Kasumasa bisa memberikan dampak ekonomi secara langsung kepada masyarakat lokal OAP.

(AIS)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024